Legislator Riau Siap Mundur Untuk Ikut Pilkada

id legislator riau, siap mundur, untuk ikut pilkada

Legislator Riau Siap Mundur Untuk Ikut Pilkada

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Sejumlah legislator di DPRD Riau menyatakan siap mundur untuk mengikuti pemilihan kepala daerah Desember mendatang yang diputuskan Mahkamah Konstitusi dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2015 tentang Pilkada.

Salah satunya dikatakan oleh Ketua DPRED Riau, Suparman yang berniat maju di Pilkada Kabupaten Rokan Hulu. Dia menyatakan siap untuk meletakkan jabatan ketua dewannya jika dirinya sudah ditetapkan sebagai calon kepala daerah.

"Tidak ada istilah bagi saya mundur untuk membangun kampung halaman. Kita tetap maju meski mengorbankan jabatan ketua dewan," katanya di Pekanbaru.

Mahkamah Konstitusi memutuskan ketentuan yang mengharuskan legislator untuk mengundurkan diri dari jabatan, sejak ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum sebagai calon kepala daerah.

Menurut Suparman, tidak ada artinya jabatan yang saat ini disandangnya jika tidak bisa berbuat banyak untuk kepentingan masyarakat Rohul.

"Pengorbanan jabatan hanya sebagian kecil dari pada pengorbanan yang dilakukan dirinya jika terpilih menjadi Bupati Rohul," ungkapnya.

Sementara itu Anggota DPRD Riau lainnya yang menyatakan niat maju adalah Aherson untuk Pilakada Kuantan Singingi. Politisi Demokrat ini menilai siap saja jika nantinya partainya memang tetap mengamanahkan dirinya untuk maju pada Pilkada serentak Desember 2015 mendatang.

"Berkaitan dengan keputusan MK itu, ada amanah partai dan ada keinginan. Kalau partai memberikan amanah tentu kita harus siap dan loyal terhadap partai. Saya ingin maju juga karena diinginkan partai. Nanti akan kita lihat DPP dan pasti DPP memilih kita," jelasnya.

Harus mundurnya legislator untuk ikut Pilkada menurutnya sudah menjadi resiko politik. Namun, jika nantinya ada alternatif lain dari partai akan menjadi pertimbangan lain.

"Kalau partai memang menginginkan kita maju tentu kita akan maju, tidak ada masalah. Tentu ini resiko politik, kalau nanti partai memberikan dua alternatif tentu akan kita pikirkan juga untuk kedepan. Karena pada dasarnya kita ini untuk kepentingan Kuansing,"paparnya.