Satpol PP Rohil Tertibkan PKL

id satpol pp, rohil tertibkan pkl

Satpol PP Rohil Tertibkan PKL

Bagansiapiapi, (Antarariau.com) - Aparat Satpol PP Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau menertibkan pedagang kakilima di sepanjang Jalan Pahlawan dan Pasar Sotong atau tepatnya di Depan kantor Bupati pada Kamis (15/1) setelah sebelumnya diperingatkan serta diberi batas waktu untuk membersihkan lapak tempat jualan mereka.

Bupati Rokan Hilir, Suyatno selanjutnya meminta seluruh pedagang harus pindah ke pasar bintang yang telah dibangun pemerintah untuk menampung seluruh pedagang agar kawasan kota menjadi tertata dan tidak semrawut.

Dibantu petugas dari TNI Polri, Dishub dan Satpol PP, Bupati Suyatno didampingi Dinas Pasar menyusuri areal PKL Jalan Pahlawan dan Pasar Sotong yang sejak kemarin sudah ditinggalkan para pedagang.

Dari penelusuran tim Yustisi, areal di Jalan Pahlawan, masih terdapat bekas lapak dari kayu yang belum dibuka pada bahu jalan. Suyatno seketika itu juga mengingatkan kepada pemiliknya agar segera membongkarnya. Pada saat itu juga sang pemilik langsung manut.

Kemudian tim bergerak ke Pasar Sotong yang sebagian besar merupakan pedagang sayur dan pedagang kain. Yang tinggal hanya puing kayu bekas pembongkaran yang telah dibuka pedagang sejak kemarin. Melihat situasi kondusif, Bupati menuju kepasar Jalan Bintang untuk meresmikan pasar yang sudah ditempati pedagang mulai hari ini.

"Alhamdulillah, semua pedagang tidak ada yang komplain dan mereka cukup koperatif untuk pindah ke pasar bintang. Ini tidak terlepas kerjasama semua pihak," kata Suyatno usai acara peresmian Pasar Bintang kepada wartawan.

Dikatakan Suyatno, pedagang konsekwen untuk pindah meskipun sarana masih ada yang perlu dilengkapi. Namun semua itu akan dianggarkan pada tahun 2015 seperti penjaga keamanan, MCK, penerangan lampu dan juga pondok agar pedagang tidak kepanasan.

Mengenai masih ada pedagang yang menempati bahu jalan di depan Pasar Bintang, Bupati berjanji melalui Dinas Pasar agar segera menertibkannya. 'Kita tidak ingin ada kemacetan baru di tempat baru. Apalagi disini jalan lintas sinaboi. Dan demi keamanan, depan pasar ini juga akan kita bangun pos pelayanan polisi," kata Suyatno yang langsung disetujui Kapolsek Bangko. (Adv)