KPU Bengkalis Sosialisasikan Tahapan Pilkada

id kpu bengkalis, sosialisasikan tahapan pilkada

KPU Bengkalis Sosialisasikan Tahapan Pilkada

Bengkalis, (Antarariau.com) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, mulai melakukan sosialisasi proses pilkada seperti tahapan, jadwal, waktu serta program lainnya kepada kepengurusan partai politik dan tokoh masyarakat setempat.

"Sosialisasi tahapan ini sangat penting mengingat perlunya informasi yang didapat oleh masing-masing pengurus parpol dan masyarakat pemilih nantinya. Termasuk mengenai penganggaran dana pemilu," kata Ketua Kpu Bengkalis, Defitri Akbar dalam keterangannya di Bengkalis, Jumat.

Ia mengatakan, untuk pelaksanaan kampanye kandidat, semuanya ditanggung oleh KPU Kabupaten Bengkalis dengan penganggaran yang sudah tersedia.

"KPU diberi tugas khusus, melakukan kontrol dan tentunya melalui tahapan yang sudah ditetapkan sesuai dengan keputusan KPU Kabupaten Bengkalis Nomor 03/Kpts/KPU.Kab-004.435240/2015 tanggal 17 April 2015," katanya.

Selain itu, KPU juga mempertegas bahwa syarat pencalonan dari Parpol harus memenuhi tiga syarat mutlak.

Adapun syarat mutlak tersebut diantaranya, pertama harus memperoleh 25 persen suara sah untuk Parpol yang memiliki kursi di DPRD, kemudian kedua diajukan oleh pengurus yang sah sesuai tingkatannya, pembuktiannya adalah SK kepengurusan yang sah,

Sedangkan syarat ketiga adalah melampirkan persetujuan dari DPP masing-masing yang menunjukkan adanya SK dari DPP.

"Pada pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah ini, KPU diberi tugas khusus untuk melaksanakan tahapan, program dan jadwal waktu penyelenggaraan, nantinya pelaksanaan pemilihan menerapkan sistem aplikasi, penghimpunan data oleh KPU dan tentunya perlu ada dukungan dari masyarakat, untuk melakukan kontrol serta pengawasannya," katanya.

Menurut Defitri Akbar, Kabupaten Bengkalis masuk dalam daerah yang akan menyelenggarakan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2015 bersama dengan 9 Provinsi, 224 kabupaten dan 36 kota se-Indonesia yang melaksanakan Pemilu.

Ia menjelaskan, kegiatan sosialisasi tahapan pilkada tersebut berlangsung di Lantai II Kantor KPU Bengkalis di Jalan Pertanian Kecamatan Bengkalis, Kamis (28/5). (Adv)