Sembilan kursi DPRD dapil satu Bengkalis banyak diisi wajah baru

id pleno kpu,kpu bengkalis,pemilu 2024,dapil satu bengkalis,kecamatan bengkalis,kabupaten bengkalis

Sembilan kursi DPRD dapil satu Bengkalis banyak diisi wajah baru

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bengkalis akhirnya menuntaskan pleno hasil Pemilu serentak 2024, Senin (4/3/24) sekitar pukul 05.00 WIB. Hasil pleno secara meraton digelar sejak Jumat (1/3/24) sesuai dengan tahapan yang sudah dijadwalkan, hari ini juga langsung diserahkan ke KPU Provinsi Riau. (ANTARA/Alfisnardo)

Bengkalis (ANTARA) - Sembilan kursi yang diperebutkan calon anggota DORDKabupatenBengkalis dari daerah pemilihan (dapil) I bakal diisi wajah baru, empat di antaranya masih ditempati petahana dan lima kursi merupakan pendatang baru.

Sembilan kursi tersebut diraih, Irmi Syakip Arsalan (petahana) dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) total 9.561 suara, Zamzami memperoleh 3.589 suara (petahana) pindah partai dari PAN ke PDIP memperoleh total 10.208 suara, Zahraini (petahana) memperoleh 3.328 suara dari PKS perolehan total suara 5.799, PPP dengan total perolehan suara 5.786 ditempati Firman dengan perolehan 2.228 suara (petahana).

Untuk wajah baru diisi Partai Golkar dengan total perolehan suara 9.393, suara terbanyak Fachtiar Qadri 3.258, Partai Nasdem total suara 7.969, Caleg terbanyak Rindra Wardana alias Yan Kancil 2.823 suara, PAN total suara 6.166 Caleg suara terbanyak Muhammad Isa 1.825, Partai Bulan Bintang (PBB) suara total 8.608, Caleg suara terbanyak Hendra alias Jeje 2.649, Partai Demokrat total perolehan suara 11.257, Caleg suara terbanyak adalahBobi Kurniawan(7.172).

"Alhamdulillah pleno sudah selesai subuh tadi dan sesuai dengan tahapan yang dijadwalkan meskipun ada perdebatan namun bisa diselesaikan dengan baik," ungkap Ketua KPU Bengkalis Elmiawati Safarina, Senin (4/3).

Hasil pleno ini secara keseluruhan nanti akan diserahkan ke KPU Propinsi Riau dan Elsa juga mengucapkan terima kasih kepada Bupati, Polres Bengkalis, Dandim 0303/Bengkalis dan semua pihak yang telah mensukseskan pesta demokrasi lima tahunan ini.

"Terima kasih kepada Bupati Kasmarni beserta jajaran, pak Kapolres Bengkalis beserta jajaran, Dandim 0303/Bengkalis dan jajaran, seluruh tokoh agama, tokoh adat, dan tokoh masyarakat yang telah sama-sama menyukseskan Pemilu 2024, dan sama-sama menjaga perdamaian, persatuan dan kesatuan bangsa khususnya di Kabupaten Bengkalis," imbuhnya.

Sementara itu Firman salah seorang caleg dari partai berlambang Kabah ini juga memberikan apresiasi kepada KPU dan juga masyarakat Bengkalis yang telah memberikan kepercayaan kepada dirinya untuk duduk kembali sebagai anggota DPRD Bengkalis.

"Alhamdulillah terima kasih kepada seluruh masyarakat Bengkalis dan Bantan yang telah memberikan kepercayaan kepada kami. Insyaallah akan mengemban kembali amanah ini dan berbuat yang lebih baik demi kepentingan masyarakat," ucap Firman.

Caleg petahana Dapil Bengkalis-Bantan bakal yang tidak duduk alias gigit jatri tahun ini dari DPRD Bengkalis antara lain, Rubi Handoko alias Akok (PDIP), Moris Bationg Sihite (Partai Demokrat), Askori (Partai Nasdem), Ariyanto (Partai Gerindra).