BNN Riau Targetkan Rehabilitasi 1.600 Pecandu

id bnn riau, targetkan rehabilitasi, 1600 pecandu

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Badan Narkotika Nasional Provinsi Riau menargetkan untuk merehabilitasi 1.600 pencandu maupun pengguna narkotika, psikotropika dan zat adiktif pada 2015.

"Dari pengumuman Presiden pihak BNN Provinsi Riau mendapat jatah seribu enam ratus pencandu untuk direhabilitasi dari target negara yang berjumlah seratus ribu orang," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Humas BNN Riau Pinandang Poltak Tobing di Pekanbaru, Selasa.

Ia mengatakan akibat kekurangan dana dan dengan jumlah target yang begitu besar, BNN harus bekerja sama dengan pihak pemerintah daerah untuk dapat membantu agar tersosialisasinya target yang telah ditetapkan oleh pemerintah tersebut.

"Kami berharap Pemda dapat membantu agar tercapai target yang telah ditetapkan. seperti memberikan fasilitas tes urine.

Untuk tes urine ini kami akan turun langsung kejalan-jalan, jika positif maka akan ditawari untuk masuk rehabilitasi," katanya.

Tobing mengungkapkan BNN juga telah menyediakan klinik yang tersebar di beberapa rumah sakit yang telah ditunjuk untuk merehabiltasi, seperti RS Jiwa Tampan, RS Bhayangkara, RS Lanud AU dan RS Petala Bumi.

Ia juga mengharapkan seluruh Kabupaten/Kota ikut berkolaborasi memberikan kuotanya masing-masing agar 1.600 target rehabilitas 1.600 pecandu tersebut bisa tercapai di Provinsi Riau pada 2015.

Sementara itu Tobing mengimbau kepada masyarakat untuk berperan aktif dalam memerangi dan memberantasi maraknya peredaran narkoba dimana pada saat ini Provinsi Riau menduduki peringkat ke-7 se Indonesia.

"Bagi masyarakat jika ada yang melihat pengedar dan pemakai narkoba segera telpon kami atau polisi, partisipasi masyarakat sangat dibutuhkan" jelasnya.