Realisasi Program UED K-SP Bengkalis Rp 400 Miliar

id realisasi, program ued, k-sp bengkalis, rp 400 miliar

 Realisasi Program UED K-SP Bengkalis Rp 400 Miliar

Bengkalis, (Antarariau.com)- sejak tahun 2011 Pemkab Bengkalis, Provinsi Riau telah menyalurkan dana khusus program Usaha Ekonomi Pedesaan/Kelurahan Simpan Pinjam (UED/K-SP) Kabupaten Bengkalis lebih dari rp 400 miliar.

Bupati Bengkalis, Herlian Saleh mengatakan Khusus UED/K-SP, sejak tahun 2011 lalu jumlah dana yang sudah disalurkan Pemkab Bengkalis lebih dari Rp. 400 milyar.

Dia mengatakan sejak empat tahun program tersebut diluncurkan, dana yang dikelola di desa/kelurahan, sudah berkembang.

"dana yang di kelola oleh desa tersebut telah berkembang, bahkan ada desa yang dananya saat ini yang perkembangannya sudah mencapai Rp 8 milyar hingga Rp 10 milyar," katanya.

"Hingga saat ini, jika total dana UED/K-SP yang diterima masing-masing desa paling sedikit Rp. 5 Milyar.

Sementara itu,katanya jumlah keluarga penerima manfaat dari program tersebut lebih dari 39.000 keluarga.

Menurut Herliyan, melalui pelaksanaan program tersebut partisipasi masyarakat dalam pembangunan desa dapat ditingkatkan, masyarakat secara mandiri dapat merencanakan, melaksanakan, dan mengawasi pembangunan di desanya masing-masing.

"Karena program UED/K-SP ini dapat dirasakan langsung oleh pelaku usaha di desa/kelurahan untuk mengembangkan aktivitas perekonomiannya, maka sebagaimana Program Inbud PPIP dan ADD, Program UED/K-SP ke depan juga tetap dan akan terus dilanjutkan," katanya.