Operasi Ketupat 2014, Polri Kerahkan 137.000 Personel

id operasi ketupat, 2014 polri, kerahkan 137000 personel

Operasi Ketupat 2014, Polri Kerahkan 137.000 Personel

Jakarta, (Antarariau.com) - Kepolisian Republik Indonesia (Polri) akan mengerahkan sekitar 137.000 personel kepolisian dalam Operasi Ketupat 2014 guna mengamankan situasi menjelang dan saat pelaksanaan mudik, serta Hari Raya Idul Fitri.

"Hari ini kami ingin menyampaikan tentang rencana pelaksanaan Operasi Ketupat 2014 yang bersamaan dengan Operasi Marta Brata. Operasi ketupat 2014 ini melibatkan sekitar 137.000 personel kepolisian," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Pol Boy Rafli Amar di Jakarta, Kamis.

Operasi Ketupat 2014 akan dilaksanakan selama 16 hari, mulai 22 Juli hingga 6 Agustus.

Dalam pelaksanaan operasi tersebut, menurut Boy, kepolisian bekerja sama dengan semua pemangku kepentingan guna memberi pelayanan kepada masyarakat agar pelaksanaan kegiatan mudik dan perayaan Idul Fitri dapat berjalan dengan aman, tertib, dan lancar.

"Kami mendapat dukungan dari jajaran TNI dengan bantuan personel sebanyak 10.000, lalu ada Satpol PP (Satuan Polisi Pamong Praja) di tiap daerah, dan rekan-rekan dari Kementerian Perhubungan," ujarnya.

Karopemnas Divhumas Polri itu mengatakan, dalam melaksanakan Operasi Ketupat itu, Kepolisian akan lebih mengedepankan upaya-upaya bersifat preventif atau pencegahan yang didukung dengan kegiatan deteksi dini dan penegakan hukum.

Terkait adanya peningkatan intensitas kegiatan masyarakat pada hari-hari terakhir ibadah puasa, Boy mengatakan, kepolisian akan fokus melakukan pengamanan di pusat-pusat perbelanjaan dan sentra perekonomian.

Sementara itu, untuk mengantisipasi peningkatan arus mudik pada 2014, polisi akan memprioritaskan pengamanan jalur Pantura, yang merupakan jalur utama untuk kegiatan mudik.

"Ada peningkatan arus mudik sekitar 11 persen pada tahun ini dibandingkan dengan tahun lalu. Sekitar 28 juta hingga 30 juta masyarakat melakukan aktivitas mudik. Kegiatan itu rentan terhadap berbagai gangguan keamanan dan keselamatan di jalan raya, maka kami perlu memprioritaskan pengamanan Pantura," ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Kepolisian RI (Kapolri) Jenderal Pol. Sutarman mengatakan petugas polisi lalu lintas siap mengamankan jalan Pantura yang biasa digunakan sebagai jalur mudik.

"Kami melakukan pagar betis di seluruh jalur Pantura, baik jalur utara, tengah, maupun timur. Hal ini telah dikoordinasikan kepada Kapolda Jabar (Jawa Barat). Bahkan, personel kami yang masih sekolah juga kami kerahkan," katanya.

Kapolri juga mengimbau agar para pemudik tidak menggunakan sepeda motor sebagai transportasi menuju kampung halaman demi keselamatan di jalan.

"Kalau memang tetap ingin menggunakan sepeda motor dan kendaraan pribadi lainnya, tolong disiapkan sebaik-baiknya sebelum berangkat," ujarnya.