Kapolres dan Forkopimda Dumai waspadai hoaks jelang pilkada

id Polres Dumai

Kapolres dan Forkopimda Dumai waspadai hoaks jelang pilkada

Kapolres Dumai dan Forkopimda saat rapat penanganan hoaks jelang pilkada. (ANTARA/HO-Polres Dumai)

Dumai (ANTARA) - Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Dumai melaksanakan rapat terkait penanganan berita hoaks dan informasi menyesatkan dalam menghadapi Pilkada 2024 di salah satu hotel di Kota Dumai, Selasa (1/10).

Kapolres Dumai AKBP Dhovan Oktavianton dalam rapat tersebut menekankan pentingnya kolaborasi seluruh elemen masyarakat untuk menangani masalah hoaks.

"Hoaks bukan hanya menjadi tanggung jawab Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu), namun juga tanggung jawab kita semua, seluruh elemen," ujarnya.

Dhovan juga mengingatkan agar pilkada dilaksanakan dengan suasana yang riang dan damai.

"Kami berharap semua pihak melaksanakan pilkada dengan riang gembira. Camat diharapkan untuk melaksanakan cooling system, agar suasana di setiap kecamatan tetap kondusif. Jangan biarkan Pilkada ini dilaksanakan dengan ketakutan," sebut Dhovan.

Lebih lanjut, ia juga menekankan pentingnya sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat mengenai isu-isu hoaks yang beredar.

"Kita harus melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat sampai mereka mengerti tentang pentingnya menjaga situasi Kota Dumai selama pelaksanaan Pilkada ini,” katanya.

Dalam rapat tersebut juga dibahas berbagai agenda yang melibatkan masyarakat untuk menurunkan tensi politik menjelang pilkada.

"Silakan pemerintah membuat berbagai agenda yang melibatkan masyarakat. Ini dapat menurunkan tensi Pilkada sehingga masyarakat tercerahkan," kata Dhovan.

Pendekatan ini diharapkan dapat membantu menciptakan suasana damai dan kondusif di Kota Dumai. Ia juga turut serta mengajak semua elemen untuk bersinergi dalam menjaga keamanan dan ketertiban di Kota Dumai.

“Mari kita semua bersatu dalam menjaga keamanan dan ketertiban di tengah masyarakat. Dengan kerja sama yang baik, kita dapat memastikan Pilkada berjalan lancar dan aman,” demikian AKBP Dhovan.