KPU Meranti beberkan jadwal pendaftaran empat paslon Pilkada 2024

id KPU Meranti ,Pendaftaran paslon Pilkada Meranti ,Pilkada Meranti ,Paslon Pilkada Meranti

KPU Meranti beberkan jadwal pendaftaran empat paslon Pilkada 2024

Komisioner KPU Kepulauan Meranti Divisi Teknis Penyelenggaraan, Romi Indra didampingi Sekretaris KPU Afriadi Mahyu, Komisioner KPU Hanafi dan Juwanda menyampaikan persiapan tahapan pendaftaran pasangan calon di Pilkada dalam konferensi pers yang dilaksanakan di halaman Kantor KPU Kepulauan Meranti, Selasa (27/8/2024). (ANTARA/Rahmat Santoso)

Selatpanjang (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kepulauan Meranti telah melakukan persiapan untuk tahapan pendaftaran secara resmi oleh pasangan calon bupati dan wakil yang akan bertarung di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2024.

Komisioner KPU Kepulauan Meranti Divisi Teknis Penyelenggara, Romi Indra mengungkapkan, pendaftaran Pilkada dibuka pada Selasa ini, tanggal 27-29 Agustus 2024. Dari hasil koordinasi yang telah dilakukan, pihaknya telah menetapkan jadwal pendaftaran seluruh paslon.

"Pendaftaran hari pertama dan kedua dibuka pukul 08.00 sampai 16.00 WIB. Kemudian di hari ketiga pendaftaran dibuka pukul 08.00 WIB dan ditutup pukul 23.59 WIB," kata Romi didampingi Sekretaris KPU, Afriadi Mahyu, Komisioner KPU Hanafi dan Juwanda, Selasa.

Ia menjelaskan, hingga saat ini telah ada empat pasangan calon yang sudah mengkonfirmasi kehadirannya untuk melakukan pendaftaran ke KPU Kepulauan Meranti. Adapun bakal paslon yang pertama menyampaikan jadwal pendaftarannya adalah pasangan Asmar dan Muzamil.

"Pasangan (petahana dan anggota DPRD Meranti) ini akan mendatangi KPU Kepulauan Meranti pada Rabu besok tanggal 28 Agustus 2024 sekitar pukul 10.00 WIB. Hasil pantauannya di Silon pasangan ini akan diusung oleh PKB, Demokrat, Nasdem dan Perindo," ujar Romi.

Sementara itu, pasangan kedua yang terkonfirmasi melakukan pendaftaran adalah pasangan Masrul Kasmy dan Fauzi Hasan Kamis (29/8) sekitar pukul 10.50 WIB. Di hari itu juga, pasangan ketiga yakni Mahmuzin Taher dan Iskandar Budiman akan melakukan pendaftaran pada pukul 16.00 WIB.

"Terhadap pasangan Masrul dan Fauzi ini, jika merujuk pada B Permohonan Silon tadi, mereka berkoalisi dengan parpol PAN dan PPP. Sementara pasangan bakal calon Mahmuzin Taher dan Iskandar Budiman bakal diusung oleh Golkar dan PKS," jelas Romi.

Sedangkan untuk pasangan terakhir yang mengkonfirmasi pendaftarannya kepada KPU Kepulauan Meranti, adalah Basiran dan Yulian Norwis.

"Pasangan terakhir ini berencana melakukan pendaftaran pada Kamis (29/8) sekira pukul 14.00 WIB. Mereka akan diusung oleh PDIP dan Gerindra," terang Romi.

Menindaklanjuti persiapan itu juga, Romi meminta kepada seluruh paslon untuk mempersiapkan semua dokumen pencalonan dan syarat calon sebelum melakukan pendaftaran. Selain itu, setiap paslon diminta menyiapkan Liaison Officer (LO) untuk memudahkan koordinasi.

"Kami imbau kepada paslon maupun LO paslon untuk berkonsultasi aktif ke Help Desk KPU Meranti agar saat proses pendaftaran nanti tidak berlangsung lama. Kami sudah menyediakan Help Desk penerimaan pendaftaran calon untuk berkonsultasi," pesannya.

Dalam kesempatan yang sama, Komisioner KPU Meranti Divisi Parmas dan SDM Hanafi menambahkan imbauan kepada paslon dapat mempersiapkan diri untuk menjalani proses debat. Menurutnya, konsep debat yang akan mereka selenggarakan kali ini berbeda dari periode sebelumnya.

"Cukup berbeda dari sebelumnya. Makanya paslon harus mempersiapkan diri. Rencana kami debat pasangan calon ini akan dilaksanakan sebanyak tiga kali debat. Dimulai dari debat bupati saja, kedua debat wakil saja dan ketika debat pasangan calon," ujarnya.