Kakanwil Kemenhukham Riau apresiasi dukungan media saat Hari Pengayoman ke-79

id Hari pengayoman, kemenkumham

Kakanwil Kemenhukham Riau apresiasi dukungan media saat Hari Pengayoman ke-79

Peringatan Hari Pengayoman di Lapas Anak Rumbai, Pekanbaru. (ANTARA/Uluan Manurung)

Pekanbaru (ANTARA) - Kantor Wilayah Hukum dan HAM Riau menyampaikan terima kasih atas dukungan media yang selama ini telah bekerjasama dengan baik dalam menyampaikan informasi berbagai pelayanan yang dimiliki oleh Kanwil Kemenhukham Riau kepada masyarakat.

"Kami seluruh jajaran Kanwil Kemenhukham Riau mengucapkan terima kasih atas dukungan dari teman-teman media atau pers yang selama ini dapat bekerjasama dalam rangka penyampaian informasi maupun penyampaian pelayanan-pelayanan baik di Imigrasi, Lembaga Pemasyarakatan maupun di AHU dan sebagainya," kata Budi Argap.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Kanwil Kemenhukham Riau Budi Argap Situngkir pada puncak peringatan Hari Pengayoman ke-79 serta dirangkai dengan Perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-79 yang dilaksanakan di Lembaga Pemasyarakatan Terbuka Kelas III Rumbai, Senin.

Selama ini, ia melihat tidak ada berita-berita ataupun kejadian-kejadian yang merugikan yang membuat citra negatif terhadap Kanwil Kemenhukham Riau, katanya lebih lanjut.

Selain itu, Budi Argap juga menyampaikan komitmen Kemenkumham Riau untuk terus memperbaiki pelayanan serta menegakkan hukum dan hak asasi manusia.

Dalam kesempatan itu, Budi Argap juga menjelaskan dalam rangka merayakan Hari Kemerdekaan RI, Kanwil Kemenkumham telah memberikan remisi kepada 9.912 warga binaan di Riau.

"Total narapidana yang menerima remisi pada perayaan kemerdekaan di Riau adalah 9.912 orang. Dari jumlah tersebut, 134 di antaranya langsung dibebaskan," tambah Budi.

Budi juga mengungkapkan bahwa terdapat 15.400 narapidana yang tersebar di 16 Lembaga Pemasyarakatan (Lapas), Rumah Tahanan (Rutan), dan Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) di seluruh wilayah Riau.

"Pemberian remisi ini adalah bentuk keberpihakan terhadap keadilan sosial. Remisi adalah wujud perhatian dan humanisme negara terhadap mereka yang sedang menjalani hukuman," jelasnya.

Terkait dana bantuan hukum untuk masyarakat miskin, hingga Agustus 2024, Kemenkumham Wilayah Riau telah menyalurkan dana sebesar Rp780 juta, sebutnya.

"Dana tersebut disalurkan melalui Organisasi Bantuan Hukum (OBH) yang telah bekerjasama dengan kami. Kami berharap hingga akhir tahun, total bantuan hukum akan mencapai Rp1,5 miliar," pungkasnya.

Perayaan Hari Pengayoman ke-79 yang digelar Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkumham) Riau di Lapas Terbuka Kelas III Rumbai diawali dengan upacara dilanjutkan pemberian penghargaan serta aneka pertunjukan dari petugas dan warga binaan perempuan dalam bentuk seni beladiri, menari budaya, modern,drum band dan bernyanyi.