Kanwil Kemenkumham Riau terbaik I Sekretariat Wilayah Penilaian Indeks Reformasi Hukum

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, Kemenkumham Riau

Kanwil Kemenkumham Riau terbaik I Sekretariat Wilayah Penilaian Indeks Reformasi Hukum

Kanwil Kemenkumham Riau raih terbaik I Sekretariat Wilayah Penilaian Indeks Reformasi Hukum Tahun 2023 (ANTARA/HO-Kemenkumham Riau)

Pekanbaru (ANTARA) - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Riau meraih penghargaan yang bergengsi dari Badan Strategi Kebijakan (BSK) Kementerian Hukum dan HAM yakni Penghargaan Terbaik I kategori Sekretariat Wilayah dalam pelaksanaan penilaian Indeks Reformasi Hukum Tahun 2023 untuk kategori Provinsi Kecil.

Penghargaan ini diterima oleh Kepala Kanwil Kemenkumham Riau, Budi Argap Situngkir yang diwakili oleh Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Edison Manik yang diserahkan saat Pembukaan Rapat Koordinasi Teknis Badan Strategi Kebijakan Hukum dan HAM Tahun 2024 oleh Plh. Sekretaris Jenderal Kemenkumham RI, Reynhard Silitonga dan didampingi Kepala BSK Hukum dan HAM, Y. Ambeg Paramarta, Kamis (22/2) di Graha Pengayoman Jakarta.

Pada Rakernis yang bertemakan “Mewujudkan Kebijakan yang Berkualitas untuk Kinerja Kementerian Hukum dan HAM yang Berdampak” Reynhard Silitonga dalam sambutannya menyampaikan bahwa Kantor Wilayah memiliki empat peran penting dalam menunjang tata kelola kebijakan publik di lingkungan Kemenkumham.

“Empat Peran penting Kantor Wilayah dalam tata kelola kebijakan adalah sebagai pelaksana kebijakan teknis di lapangan, melakukan analisis implementasi dan evaluasi kebijakan di wilayah, sebagai law center yang berfungsi sebagai pusat koordinasi antara Pemerintah Daerah dan Kemenkumham, serta sebagai laboratorium kebijakan di wilayah sebagai policy trial atau piloting project sebelum kebijakan diimplementasikan secara luas,” ujar Reynhard Silitonga dalam sambutannya yang turut diikuti oleh Kepala Bidang HAM Mex Mahdy dan Kasubbid Pengkajian, Penelitian, dan Pengembangan Hukum dan HAM Nurhasanah Harahap.