MUI dan Polda Riau sepakat jaga keamanan jelang pemilu

id Ditintelkam Polda Riau,MUI Riau,Polda riau, pemiluriau, pemilu damai

MUI dan Polda Riau sepakat jaga keamanan jelang pemilu

MUI dan Ditintelkam Polda Riau saat mendiskusikan Pemilu damai. (ANTARA/dok)

Pekanbaru (ANTARA) - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Riau sepakat menjaga keamanan jelang Pemilu 2024, seusai berdialog dengan Direktorat Intelijen Keamanan (Ditintelkam) Polda Riau.

Direktur Intelkam Polda Riau Kombes PolEfrizal bersama anak buahnya mendatangi Ketua Umum (Ketum) MUI Provinsi Riau, Prof. Dr. H. Ilyas Husti MA.

Dalam dialog tersebut, pihak Intelkam berdiskusi dan menerima masukan dari MUIuntuk menciptakan stabilitas dan keamanan di Bumi Lancang Kuning, terutama saat menghadapi dinamika politik yang akan datang.

Seusai pertemuan itu, Ilyas Husti berniat mengadakan forum diskusi untuk mengawali giat Dai Kamtibmas ini dan pelatihan menyamakan visi dan misi untuk kedamaian saat pemilu.

“Kami akan menyampaikan hal itu saat Masjid Paripurna yang ada di Kota Pekanbaru untuk menangkal adanya aktifitas ataupun gerakan-gerakan yang dapat menimbulkan perpecahan di tengah masyarakat,” ungkapnya.

Sementara itu, Dirintelkam Polda Riau Kombes Efrizal juga berterima kasih kepada pihak MUI yang sudah mau membantu menjaga keamanan menjelang Pemilu 2024.

“Alhamdulillah, saat pertemuan itu pihak MUI menyepakati komitmen bersama untuk menjaga dan menciptakan keamanan, kenyamanan, kondusifitas, dan kerukunan, terutama menghadapi tahun politik pada tahun 2024,” terangnya.

Komitmen bersama tersebut mencakup upaya untuk menciptakan lingkungan yang aman, nyaman, dan rukun bagi seluruh masyarakat Riau.

Kedua belah pihak sepakat untuk bekerja sama dalam menjaga ketertiban dan kesejahteraan masyarakat, serta menghindari potensi gesekan yang dapat mengganggu kondusifitas daerah.

Pertemuan ini diakhiri dengan tekad kuat untuk menjalin kerjasama yang lebih erat antara MUI Riau dan Polda Riau, guna menciptakan sinergi positif dalam menjaga kestabilan dan kedamaian Provinsi Riau.

Dengan semangat kolaborasi ini, diharapkan Riau dapat melalui tahun politik 2024 dengan damai dan sukses.

“Harapan kita semua bahwa masyarakat tidak terpengaruh oleh masifnya sikap politik identitas,” pungkasnya.