Hotel mulai banyak dipesan jelang Sail Teluk Cenderawasih

id STC 2023,Hunian hotel,STC,Biak,Papua

Hotel mulai banyak dipesan jelang Sail Teluk Cenderawasih

Salah hotel Biak di Jslan Selat Makassar Distrik Biak Kota.ANTARA/Muhsidin

Biak (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Biak Numfor, Papua, bersama para pengusaha jasa perhotelan daerah itu sudah banyak menerima pemesanan kamar hotel bagi kunjungan wisatawan pada pelaksanaan Sail Teluk Cenderawasih22-27 November 2023.

"Kegiatan Sail Teluk Cenderawasihdi Biak akan mampu meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan. Sekarang ini pesanan kamar hotel sudah banyak diterima pengusaha hotel, " ujar Kepala Dinas Pariwisata Biak Numfor Onny Dangeubun selaku Ketua Panitia Sail Teluk Cenderawasih di Biak, Minggu.

Untuk mendukung perhelatan nasional Sail Teluk Cenderawasih 2023, kata dia, pihak pengusaha jasa perhotelan di Biak sudah melayani pemesanan kamar hotel dari wisatawan dalam maupun luar negeri

.

Selama pada tahun 2023 ini, lanjut dia, Kabupaten Biak Numfor telah menjadi tempat tuan rumah penyelenggara berbagai kegiatan pemerintahan dari pusat dan provinsi Papua hingga organisasi profesi, parpol, dan ormas.

Apalagi setelah pemulihan ekonomi daerah, lanjut dia, maka sektor jasa pariwisata dan bisnis perhotelan di Biak sekitarnya kian menggeliat.

Dia menyakini berbagai agenda pariwisata yang dikerjakan pemerintah daerah (pemda), seperti Sail Teluk Cenderawasih 2023, dapat memberikan dampak positif terhadap pelaku usaha perhotelan maupun masyarakat lokal di Kabupaten Biak Numfor.

Sementara itu Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI)Makka Arief membenarkan pemesanan kamar berbagai hotel menjelang Sail Teluk Cenderawasih terus meningkat.

Sebelumnya Asisten II Sekda Lot Yensenem mengatakan pelaksanaan Sail Teluk Cenderawasih pada 23-27 November 2024 di Biak akan memicu dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah dan mancanegara.

"Semakin banyak wisatawan yang datang ke Biak akan meningkatkan hunian kamar hotel, sehingga berdampak dengan pendapatan bagi pelaku usaha dan masyarakat lokal," katanya.

Jumlah kamar hotel di Biak berkisar 350 kamar tersebar 16 hotel.

Ajang Sail Teluk Cenderawasih rencananya dibuka oleh Presiden Joko Widodo.