1,46 juta wisatawan kunjungi Pekanbaru hingga Agustus

id Kunjungan wisata pekanbaru, wisata di Pekanbaru, hunian hotel pekanbaru

1,46 juta wisatawan kunjungi Pekanbaru hingga Agustus

Rumah Tuan Kadi yanh merupakan salah satu cagar budaya di Kota Pekanbaru. (ANTARA/Ho

Pekanbaru (ANTARA) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Pekanbaru mencatat jumlah kunjungan wisatawan baik wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara di daerah setempat mencapai 1.461.206 orang terhitung Januari hingga Agustus 2024.

"Jumlah kunjungan wisatawan, baik wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara di Kota Pekanbaru pada tahun 2024 mencapai 1.461.206 orang," kata Kepala Disbudpar Pekanbaru, Masriyah di Pekanbaru, Rabu.

Iamerincikan jumlah wisatawan nusantara sebanyak 1.460.988 orang, sedangkan wisatawan mancanegara 218 orang. Untuk dapat terus meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan dia berharap kepada pihak terkait agar terus berinovasi dalam menambah daya tarik kota.

“Kita berharap seluruh pemangku kepentingan atau unsur terkait kepariwisataan untuk terus berinovasi menambah daya tarik kota dan memanjakan pengunjung di kota Pekanbaru, seperti transportasi, akomodasi, event, destinasi dan lain sebagainya," ujar Masriyah.

Sekretaris Disbudpar Kota Pekanbaru, Ardiansyah Eka Putra mengatakan, meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan mengacu pada tingkat hunian hotel di Kota Pekanbaru.

"Kita mengacu ke tingkat hunian. Karena yang namanya wisatawan itu adalah orang yang datang ke Pekanbaru dan menginap di Kota Pekanbaru," jelas Ardiansyah.

Ia menambahkan untuk mendorong wisatawan berbelanja pihaknya juga menyiapkan Ruang Pojok Ekonomi Kreatif Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) pada sejumlah hotel yang menjual kuliner dan souvenir khas daerah setempat.

Saat ini sudah ada dua hotel yang menyediakan pojok ekraf UMKM. Keduanya Novotel Pekanbaru di Jalan Riau dan Hotel Pangeran di Jln. Sudirman.