2013 Riau Tanam 160 Juta Pohon

id 2013 riau, tanam 160, juta pohon

2013 Riau Tanam 160 Juta Pohon



Pekanbaru, (Antarariau.com) - Dinas Kehutanan Provinsi Riau sepanjang 2013 telah menanam sebanyak 160 juta pohon tersebar pada 12 kabupaten dan kota se Riau dalam mendukung program nasional menanam satu miliar pohon.

"Sebanyak 160 juta pohon yang ditanam itu telah mengantarkan Riau sebagai daerah berprediket terbanyak menanam pohon di Indonesia," kata Kepala Unit Pelaksana Tekhnis (UPT) Benih dan Rehab ilitasi Konservasi Hutan Provinsi Riau, Sinyorita di Pekanbaru, Minggu.

Menurut Sinyorita didampingi Kepala Seksi Rehabilitasi dan Konservasi Hutan, Dinas Kehutanan Riau, Purnama Irwansyah,

mengatakan, tahun 2013 itu sekaligus Riau menobatkan kepada sejumlah kepada daerah berprediket terbaik menanam pohon terbanyak.

Mereka adalah Bupati Siak, Bupati Rokan Hulu, Wali Kota Dumai yang berkinerja memiliki kegiatan rehabilitasi hutan dan lahan yang cukup baik.

"Penobatan mereka tentunya disertai dengan pemberian penghargaan dengan harapan daerah lainnya bisa mencontoh sehingga upaya pemerintah dalam melestarikan hutan terdukung dengan baik," katanya.

Ia menyebutkan, pohon-pohon yang ditanam dengan pemberian bibit gratis oleh pemerintah tersebut adalah tanaman ekonomi produktif seperti mahoni, trembesi, akasia, kapang, tanjung, matoa dan gaharu.

Tanaman tersebut, diserahkan ke masyarakat sesuai dengan kebutuhannya, juga termasuk karet dan durian dan tanaman itu antara lain bisa di tanam di pekarangan rumah mereka.

"Yang penting kegiatan ini harus terus jalan, selain sebagai peneduh jalan, lingkungannya juga meningkatkan ekonomi rakyat," katanya dan melanjutkan bahwa tiap desa per kabupaten diberikan bantuan bibit 25 ribu batang untuk kebun rakyat.

Dalam kegiatan ini ada sejumlah kendala antara lain mereka kurang menguasai pembibitan sehingga terus difasilitasi oleh Dinas Kehutanan Riau.

Sedangkan penyediaan bibit selain dari pemerintah, swasta, juga dibuat sendiri, selanjutnya ditumbuhkembangkan pada persemaian UPT Benih di Lubuk Sikat, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar.