Pekanbaru tutup layanan Disdukcapil pascakebakaran MPP

id MPP,Pekanbaru ,tutup, layanan ,Disdukcapil ,pascakebakaran, MPP

Pekanbaru tutup layanan Disdukcapil pascakebakaran MPP

Kebakaran di Gedung Mal Pelayanan Publik Pekanbaru (ANTARA/Annisa Firdausi)

Pekanbaru (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru menutup pelayanan kependudukan di Disdukcapilhingga waktu yang belum dapat ditentukan, pasca kebakaran hebat yang meludeskan gedung Mal Pelayanan Publik (MPP) Pekanbaru, Ahad (5/3) karena seluruh aktivitas layanan Disdukcapil lumpuh total.

"Mulai Senin (6/3/2023) segala aktivitas layanan Dukcapil, baik di kantor Dinas (MPP) maupun di UPT Kecamatan tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya sampai dengan upaya perbaikan selesai dilakukan," ujar Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pekanbaru Irma Novrita di Pekanbaru, Senin.

Ia mengatakan, kebakaran yang terjadi di gedung MPP tersebut mengakibatkan tidak berfungsinya jaringan komunikasi (intranet/internet layanan) serta daya listrik pada Kantor Disdukcapil Kota Pekanbaru.

"Perkembangan informasi dan perbaikan lebih lanjut atas situasi ini akan diumumkan secepatnya," katanya.

Sebagaimana diketahui terjadi kebakaran di Mal Pelayanan Publik Kota Pekanbaru, Jalan Sudirman, Ahad (5/3). Tak ada yang bisa diselamatkan dari kebakaran tersebut.

Sebanyak 12 unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan kebakaran bekas kantor Walikota Pekanbaru tersebut.

Wali Kota Pekanbaru Muflihun mengaku terkejut mendapatkan kabar tersebut. Hingga kini belum diketahui penyebab pasti dari kebakaran ini, namun diduga lantaran korsleting listrik.

"Lantai atas dan bawah habis terbakar. Ruangan pelayanan habis. Ditambah lagi karena banyaknya material yang mudah terbakar seperti kayu, api jadi cepat menyebar," sebutnya.

Selain itu, dikatakannya, dipastikan sebagian arsip turut hangus dilahap si jago merah. Pihaknya tak sempat menyelamatkan arsip dan barang lainnya karena api dengan cepat menyebar.