Pemkab Inhu Targetkan 60 Persen Desa Siaga

id pemkab, inhu targetkan, 60 persen, desa siaga

 Pemkab Inhu Targetkan 60 Persen Desa Siaga

Rengat, (Antarariau.com) - Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau menargetkan 60 persen desa masuk dalam program desa siaga pada tahun 2014.

" Melalui program desa siaga diharapkan dapat menekan biaya berobat yang pada akhirnya dapat mensejahterakan masyarakat," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hulu H Suhardi,MM,MH didampingi Kepala Bidang (Kabid) Promosi dan Kesehatan Keluarga Rikia Varia Nora S.Si IT, di Rengat. Sabtu.

Dikatakannya, selama ini program desa siaga telah berjalan namun masih banyak terkendala hingga dapat dikatakan belum berjalan normal, karena itu berbagai hal dapat dilakukan menuju program desa siaga yakni dengan menyiapkan kemampuan SDM dan berkemauan untuk mencegah dan mengatasi masalah-masalah kesehatan dan bencana serta gawat darurat kesehatan secara mandiri.

Hal itu dalam rangka untuk menekan angka kematian ibu dan bayi.Dari SDM yang ada ditingkat desa dan kelurahan itu diharapkan mampu meningkatkan kesehatan warga sehingga tujuan akhir desa siaga terealisasi dengan baik.

" Kalau masyarakat sehat tentunya akan mampu berproduktif dan pada akhirnya tercapai masyarakat sejahtera dibidang kesehatan," sebutnya.

Dalam rangka mencapai target tersebut tentunya harus didukung semua instansi terkait, sehingga semua kebutuhan dan sarana dan prasarana menuju desa siaga dapat terpenuhi. Kedepan semua instasi terkait diharapkan mampu selalu bersinergi sehingga masyarakat dapat merasakan manfaat dari progran ini.

Sebagai langkah awal untuk menerapkan desa siaga, saat ini sudah terbentuk kelompok kerja (Pokja) tingkat kabupaten hingga pokja di tingkat desa. Bahkan Desa Kuala Gading Kecamatan Batang Cenaku sudah berhasil meraih juara tingkat kabupaten dan sudah diutus mengikuti lomba desa siaga di tingkat provinsi.

" setiap desa siaga akan memiliki pelayanan kesehatan, kesehatan berbasis masyarakat atau pemberdayaan kesehatan dan perilaku hidup bersih," tegasnya.

Sebagaimana program Pemerintah kabupaten Indragiri Hulu selama ini setiap desa ada satu bidan desa yang dapat membantu memberikan pelayanan kepada masyarakat, program itu telah jalan namun kedepan akan lebih ditingkatkan. Bupati Indragiri Hulu H Yopi Arianto terus menggalakkan program desa siaga karena merupakan program unggulan apalagi Dinas Kesehatan Indragiri Hulu merupakan salah satu dinas yang menjadi indikator Open Government Indonesia.