UMKM Riau Bersiap Hadapi Masyarakat Ekonomi Asean

id umkm riau, bersiap hadapi, masyarakat ekonomi asean

UMKM Riau Bersiap Hadapi Masyarakat Ekonomi Asean

Pekanbaru, (antarariau.com) - Bank Indonesia (BI) mendorong Pemprov Riau untuk serius membantu meningkatkan kemampuan daya saing usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN pada 2015.

"Pemprov Riau dengan sumber daya dan lembaga yang ada, perlu mendorong peningkatan kemampuan UMKM karena waktu makin sedikit sebelum penerapan Masyarakat Ekonomi ASEAN pada tahun 2015," kata Kepala Perwakilan BI Riau, Mahdi Muhamad, pada Seminar yang digagas Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI), di Pekanbaru, Kamis.

Ia mengatakan, belum sepenuhnya UMKM di Indonesia dan juga Riau sudah siap untuk menghadapi ekonomi pasar bebas. Apalagi, kondisi infrastruktur di Riau juga belum menunjang dan merata sampai kepelosok daerah.

"Akses kepada keuangan dan akses infrastruktur juga perlu jadi perhatian untuk ditingkatkan agar meningkatkan daya saing produk UMKM Riau," katanya.

Wakil Gubernur Riau Mambang Mit dalam sambutannya mengatakan pemberdayaan sektor UMKM merupakan salah satu pilar perekonomian Riau. Secara nasional, pelaku UMKM berjumlah lebih dari 51,2 juta unit usaha atau 99,98 persen dari total pelaku usaha ekonomi dan kontribusinya terhadap tenaga kerja mencapai 97,04 persen dari jumlah tenaga kerja.

"Namun demikian tidak dapat kita pungkiri pemberdayaan sektor UMKM masih diharapkan pada tantangan dan kendala, seperti keterbatasan akses permodalan, teknologi informasi dan pemasaran," katanya.

Asisten II Setdaprov Riau, Emrizal Pakis, menambahkan Pemprov Riau terus berkomitmen dalam perannya meningkatkan kualitas dan standar produk agar sesuai dengan pasar ASEAN, sehingga peran pengembangna teknologi sangat diperlukan. Mengenai peningkatan akses finansial, Pemprov Riau sudah memiliki berbagai program pembiayaan.