PMI Pekanbaru kumpulkan 9.000 kantong darah per bulan

id Pmi pekanbaru, donor darah

PMI Pekanbaru kumpulkan 9.000 kantong darah per bulan

Sekretaris PMI Pekanbaru Yusrizal (tengah) meninjau proses donor darah di Kantor BI Pekanbaru, sempena HUT RI Pekanbaru, Selasa (9/8/2022). (ANTARA/Vera Lusiana)

Pekanbaru (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) Pekanbaru menyatakan mampu mengumpulkan 9.000 kantong darah dalam sebulan, guna memenuhi kebutuhan masyarakat setempat.

"Kebutuhan di Pekanbaru kurang lebih 9.000 kantong itu diambil dari kegiatan donor darah," kata Sekretaris PMI Pekanbaru Yusrizal pada acara donor darah oleh Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) dan PMI dalam rangka memeriahkan HUT Riau ke-65 dan HUT RI ke-77, di Pekanbaru, Selasa.

Dikatakan dia, aksi donor darah seperti yang digelar di Kantor Bank Indonesia (BI) Pekanbaru ini sering diharapkan untuk mengisi stok darah di PMI.

Untuk itu, ia berharap instansi pemerintah maupun swasta rutin melaksanakan donor bersama, karena itu akan sangat memudahkan untuk mengumpulkan kebutuhan masyarakat itu.

"Kegiatan donor darah ini merupakan bagian dari aksi sosial yakni menyelamatkan jiwa manusia, dan perlu didorong untuk instansi dan perusahaan," katanya.

Meski stok darah banyak, tapi ada beberapa golongan darah stoknya sedikit sehingga perlu terus dicari.

Deputi Kepala Perwakilan BI Riau Bidang Sistem Pembayaran Pengelolaan Uang Rupiah dan Manajemen Internal Asral Mashuri mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk kerjasama BMPD Riau dengan PMI Kota Pekanbaru sebagai wujud kepedulian kepada sesama dengan tagline: Ayo Donor Darah! Sekantong Darah untuk Selamatkan Jiwa.

Acara dalam rangka memeriahkan HUT Riau ke-65 dan HUT RI ke-77 ini, digelar di Ruang Serbaguna kantor Bank Indonesia Kantor Perwakilan Riau Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru, 9-10 Agustus 2022.

"Kegiatan donor darah ini rutin dilaksanakan oleh BMPD Pekanbaru Riau, ini merupakan penyelenggaraan yang kedua kali, dimana penyelenggaraan pertama telah dilaksanakan pada tanggal 7-8 Februari 2022," katanya.

Asral berharap, melalui kegiatan donor darah ini, dapat diperoleh 300 kantong darah yang disumbangkan oleh partisipan pegawai perbankan di wilayah Pekanbaru. Bagi peserta yang ingin berpartisipasi dapat melakukan pendaftaran pada tautan bit.ly/DonorDarahBMPD2022.

Sementara, Ketua Forum Komunikasi Industri Jasa Keuangan (FKIJK) Provinsi Riau, Andi Buchari mengatakan, telah mengerahkan semua karyawan perbankan dan lembaga keuangan non bank untuk mendonor.

"Terima kasih buat BI dan mudah-mudahan bagi pendonor mendapat kesehatan, keberkahan dan banyak pertolongan dari Allah yang Maha Kuasa," tukasnya.