Legislator : Mobil Murah Masih Layak di Riau

id legislator , mobil murah, masih layak, di riau

Pekanbaru, 30/9 (antarariau.com) - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Riau Johar Firdaus mengatakan pemasaran mobil murah di daerah ini masih layak mengingat tingkat kepadatan yang masih cukup rendah.

"Tapi kami tidak ada membahas mengenai kehadiran mobil murah di Riau bersama pemprov. Mungkin nanti," kata Johan Firdaus kepada Antara di Pekanbaru, Senin.

Sebelumnya Pemerintah Provinsi Riau menyerahkan sepenuhnya rencana kehadiran mobil murah ke pihak pemerintah daerah kabupaten dan kota.

"Kewenangan ditolak atau tidaknya mobil murah berada pada pemerintah daerah kabupaten dan kota, karena itu kami serahkan itu ke mereka saja," kata Wakil Gubernur Riau Mambang Mit.

Menurut Mambang, banyak pandangan masyarakat atau bisa dikatakan pro dan kontra atas kehadiran mobil murah tersebut.

Karena pada prinsipnya menurut dia, setiap suatu langkah kebijakan yang diambil oleh pemerintah selalu menuai kritikan dan masukan.

"Itu semua baik dan harus menjadi masukan yang membangun bagi suatu daerah. Tentunya harus dipandang dengan pola yang positif," katanya.

Mobil murah yang menjadi program pemerintah telah "menyusup" ke berbadai daerah di Provinsi Riau, terutama Pekanbaru.

Salah satunya yakni untuk produk Toyota, sebelumnya telah memperkenalkan Toyota Agya sebagai mobil termurah dikelasnya.

Bahkan sekitar 700 konsumen di Provinsi Riau telah memesan mobil Toyota Agya, meski tiga pemerintah daerah khususnya Pemerintah Kota Pekanbaru menyatakan berkeberatan terhadap kebijakan pusat mengenai mobil relatif murah dan ramah lingkungan itu.