Listrik Prabayar Dumai Capai 9.000 Pelanggan

id listrik prabayar, dumai capai, 9000 pelanggan

Dumai, Riau, (antarariau.com) - PT PLN Rayon Dumai Kota, Area Dumai, Riau baru mampu menjaring pelanggan listrik pintar atau prabayar sebanyak sekitar 9.000 atau hanya sekitar 18 persen dari jumlah total pelanggan 58 ribu.

Supervisor Administrasi PT PLN Rayon Dumai Kota, Herwan mengatakan, di Dumai, Rabu, pencapaian pelanggan baru tersebut merupakan realisasi jumlah yang diraih sejak program listrik pintar ini diluncurkan di Dumai pada 2011.

"Tahun ini jumlah pelanggan baru listrik pintar hanya tiga ribuan, sedangkan target setahun ditetapkan sebanyak 4.500-an pemasangan," kata Herwan.

Ia menjelaskan, pengguna listrik pintar selain pelanggan baru di rumah masyarakat, juga ada pengalihan dari meteran lama serta pemasangan baru kepada yang menunggak dan meterannya dicabut oleh PLN.

"Setiap pencabutan meteran lama, untuk pemasangan kembali akan dipasangi meteran listrik pintar setelah tagihan dilunasi pelanggan," jelasnya.

Menurutnya, dengan menggunakan listrik pintar ini merupakan solusi untuk hemat listik karena pelanggan dapat mengatur sendiri pemakaian sesuai dengan kemampuan keuangan serta bebas dari pemutusan sambungan.

Untuk meningkatkan pencapaian target pelanggan PLN prabayar ini, lanjutnya, selain dengan gencarkan sosialisasi tentang kelebihan dan keuntungan, juga dengan menerapkan sanksi bagi pelanggan menunggak.

Kemudahan lainnya, dengan menyediakan 80 loket pembelian pulsa isi ulang listrik pintar dengan berbagai pilihan yang tersebar merata di tujuh kecamatan Dumai dan dibantu kerjasama dengan pihak perbankan melalui unit anjungan tunai mesin (ATM).

"Melihat pertumbuhan pendirian rumah hunian oleh masyarakat, kita meyakini tahun ini bisa memenuhi target pelanggan baru listrik pintar ini, dengan memberikan juga berbagai kemudahan pelayanan," demikian Herwan.