20 truk kelebihan muatan terjaring razia di Tol Permai

id hutama karya, truk odol,tol permai

20 truk kelebihan muatan terjaring razia di Tol Permai

Truk yang terjaring razia saat melintas Tol Permai, Pekanbaru, Rabu (16/2). (ANTARA/Vera Lusiana)

Pekanbaru (ANTARA) -

PT Hutama Karya selaku pengelola Tol Pekanbaru - Dumai (Permai) bersamaDinas Perhubungan, TNI dan Polri dan lainnya melakukan razia terhadap trukOver Dimensi andOver Load (ODOL) yang melintas di Tol Pekanbaru-Dumai tepatnya di gerbangBathin Solapan pada Rabu (16/2).

"Hingga pukul 12.00 WIB sekitar 20truk ODOL terjaring karena melanggar," kata Branch Manager Tol Permai Indrayana di Pekanbaru.

Dikatakannya, 20 truk itu melakukan pelanggaran yakniODOL dan KIR kendaraan yang mati.

"Dalam operasi ini, kendaraan angkutan yang masuk kategori ODOL akan dilakukan penindakan dengan cara penilangan serta akan diputar balik," katanya.

Dia mengatakan pengelola Tol Permai terus melakukan upaya untuk menekan angka kecelakaan di lintas jalur bebas hambatan tersebut, di antaranya berkomitmen untuk melarang kendaraan ODOL melintas serta untuk mendukung program pemerintah tentang "Zero ODOL Tahun 2023".

"Juga menekan angka lakalantas di Tol Permai salah satunya kendaraan yang tidak mematuhi batas kecepatan," katanya.

Ia mengatakan bahwa ini juga salah satu bentuk kolaborasi antara PT Hutama Karya (Persero) selaku pengelola dengan instansi terkait guna menekan angka kecelakaan di jalan tol dan mewujudkan bebas ODOL di Riau. Kegiatan ini rencananya akan berlangsung selama tiga hari ke depan sampai tanggal (18/2).

"Tim juga melakukan pemasangan Stiker Bebas ODOL oleh Dishub dan Kepolisian," katanya.

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan bekerja sama dengan Direktorat Penegak Hukum Korlantas Polri menggelar razia ODOL di sejumlah ruas tol mulai 10-21 Februari 2022.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi mengatakan kebijakan tersebut diambil dengan melihat banyaknya kecelakaan lalu lintas yang melibatkan truk ODOL.

Kementerian Perhubungan bekerja sama dengan instansi terkait akan melakukan Operasi ODOL untuk memberi efek jera serta sebagai upaya memberantas ODOL demi Indonesia Bebas ODOL pada 2023," ujarnya.

Baca juga: DPRD Riau dorong kebijakan zero ODOL segera terwujud

Baca juga: Tim razia gabungan sikat 16 kendaraan