Kolaborasi PLN dan Mall Gaia bangun SPKLU pertama di Kalbar

id PLN,SPKLU,Mall Gaia,kendaraan listrik,mobil listrik

Kolaborasi PLN dan Mall Gaia bangun SPKLU pertama di Kalbar

PLN resmi mengoperasikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di parkiran Mall Gaia, Pontianak, Kalimantan Barat, dalam rangka mendukung ekosistem kendaraan listrik di wilayah tersebut. (ANTARA/HO-PLN)

Jakarta (ANTARA) - PT PLN bekerja sama dengan Mall Gaia membangun Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) pertama di Kalimantan Barat untuk memudahkan pengguna kendaraan listrik mengisi baterai kendaraan mereka.

Executive Vice President Perencanaan dan Pengendalian PLN Regional Sumatera dan Kalimantan Supriyadi mengatakan kehadiran SPKLU di parkiran Mall Gaia ini merupakan wujud komitmen perseroan dalam mendukung era kendaraan listrik yang telah dicanangkan oleh pemerintah.

"Kehadiran SPKLU ini bertujuan untuk dapat melakukan diseminasi program-program pemerintah pusat dan daerah maupun para pemangku kepentingan terkait dalam mendukung pelaksanaan Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019, tentang percepatan program kendaraan listrik untuk transportasi jalan," kata Supriyadi dalam keterangan pers yang diterima di Jakarta, Jumat.

Lebih lanjut Supriyadi menjelaskanPLN telah mengoperasikan lebih dari 20 unit SPKLU yang tersebar di berbagai lokasi strategis di seluruh Indonesia.

"SPKLU yang akan segera kita resmikan penggunaannya ini merupakan yang pertama di Kalimantan Barat. Pada 2022 kami merencanakan akan menambah satu SPKLU lagi yang akan kami tempatkan di halaman kantor PLN UP3 Singkawang," jelas Supriyadi.

Lebih lanjut dia menyatakan dalam rangka pengembangan SPKLU, PLN telah meluncurkan platform digital charge IN yang terintegrasi dengan aplikasi PLN Mobile sebagai operating system yang diharapkan menjadi platform tunggal untuk seluruh SPKLU di Indonesia.

"Untuk seluruh transaksi pengisian baterai di SPKLU, pengguna kendaraan listrik tidak perlu repot menyiapkan uang tunai, semua transaksi dapat dilakukan lewat aplikasi charge IN yang penting saldo LinkAja yang dimiliki masih ada," terang Supriyadi.

Direktur Operasional Mall Gaia Stephen Swandono mengatakan pihaknya bangga bisa bekerja sama dengan PLN dalam membangun SPKLU di kawasan Mall Gaia.

"Kami ingin Mall Gaia menjadi mall yang modern dan terbesar di Kalimantan Barat menggunakan teknologi tinggi dengan memanfaatkan energi bersih," ucap Stephen.

"Saya berharap ke depannya dapat terus mendukung program kendaraan listrik ini dengan meningkatkan kapasitas SPKLU yang lebih banyak lagi di kawasan Mall Gaia," tambahnya.

Hal senada juga disampaikan Hendri Saputraselaku pemilik mobil listrik di Kota Pontianak yang mengaku sangat bersyukur dengan adanya SPKLU di Mall Gaia.

Menurutnya, kendaraan listrik efisien dan efektif dalam menghemat pengeluaran bulanan.

"Saya berterima kasih kepada PLN Kalbar yang telah mewujudkan impian saya untuk dapat melakukan pengisian baterai listrik sambil bersantai di Mall Gaia," ujar Hendri.

Dukungan Pemerintah Daerah

Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan menegaskan pihaknya terus mendukung upaya PLN dalam meningkatkan penggunaan energi bersih.

Dia mengajak masyarakat dalam memanfaatkan listrik secara optimal untuk mengurangi ketergantungan masyarakat terhadap bahan bakar minyak.

"Hari ini adalah momen khusus untuk menandai memanfaatkan energi bersih. Keberadaan SPKLU di Mall Gaia ini akan berdampak positif bagi masyarakat untuk lebih memahami betapa pentingnya memanfaatkan listrik dalam berkendara, karena banyak warga yang berkunjung ke Mall Gaia setiap harinya," ujar Muda.

Lebih lanjut Bupati Muda berkomitmen untuk terus mendukung langkah-langkah yang diambil PLN dalam meningkatkan penggunaan energi bersih melalui Program Electrifying Lifestyle maupun Electrying Vehicle di tengah-tengah kehidupan masyarakat.

"SPKLU yang kami resmikan hari ini akan menjadi peluang usaha baru yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat, karena ke depannya akan semakin banyak masyarakat yang tertarik untuk menggunakan kendaraan listrik," ujar Bupati Muda.