Makna Sumpah Pemuda bagi pemuda berprestasi Pekanbaru

id sumpah pemuda,pemuda riau,yogi, atlit panahan

Makna Sumpah Pemuda bagi pemuda berprestasi Pekanbaru

Yogi Pratama (kiri) dan Ari Wira Sutiawanatta. (ANTARA/dok)

Pekanbaru (ANTARA) - Sumpah Pemuda ialah momen perwujudan tekad dan semangat juang bagi pemuda dan pemudi Indonesia dalam mempersatukan bangsa. Walaupun sudah merdeka, tentu semangat tersebut harus tetap tertanam pada pemuda pemudi Indonesia saat ini.

Salah satu pemuda berprestasi di Riau adalah Yogi Pratama. Pemuda berusia 22 tahun yang berhasil meraih emas untuk Riau pada PON XX Papua untuk cabang panahan.

Ketika ditanya makna Sumpah Pemuda, pemuda 22 tahun peraih emas PON XX dari cabang panahan ini mengatakan momen ini menjadi semacam ideologi yang seharusnya dapat mempersatukan bangsa Indonesia, terutama para pemuda. Tidak peduli sejauh apapun pergi, berapa banyak bahasa yang dikuasai, sumpah pemuda menjadi alasan untuk tetap bersatu.

"Bagi saya Sumpah Pemuda menjadi api semangat dalam berjuang. Mungkin tidak tersurat, tetapi kadang teraplikasikan secara otomatis. Pastinya tidak saya saja yang berfikir seperti itu, melainkan seluruh pemuda Indonesia," ujar Yogi saat ditanya, Kamis.

Yogi mengaku pemuda sekarang beragam. Ada yang negatif tapi juga banyak yang positif, baik dari perilaku maupun prestasi. "Saya hanya sebagian kecil dari pemuda yang terlihat, tetapi masih banyak pemuda di luar sana yang bahkan lebih berprestasi," ucap atlet panah yang berlatih sejak usia belia ini.

Pemuda peraih perunggu kejuaraan memanah Muzium Diraja Malaysia 2019 ini juga berpesan pada seluruh pemuda Indonesia untuk lebih mengembangkan bakat yang mengalir pada diri mereka serta terus melakukan kegiatan yang positif.

"Pemuda Indonesia banyak yang berbakat. Gak perlu jauh-jauh, bahkan di lingkungan sekitar kita juga banyak. Fokuslah pada keahlian dan kemampuan yang dimiliki, kembangkan, dan berusaha profesional di sana. Selagi hal tersebut baik dan tidak melanggar aturan serta norma, kembangkan keahlian itu," tutur Yogi yang juga pernah meraih perak di Kejuaraan Nasional Panahan 2017.

Senada dengan Yogi, Ari Wira Sutiawanatta yang merupakan Putra Kebudayaan Nusantara Indonesia berbakat 2021 asal Pekanbaru yang memaknai Sumpah Pemuda sebagai bentuk keseriusan pemuda terhadap NKRI.

"Keseriusan akan kesadaran terhadap suku dan budaya, bahasa, agama, serta menjaga keutuhan bangsa. Sadar terhadap hoaks dan menghentikan radikalisme. Kita hebat karena kita berbeda. Kita bisa karena kita bersama," pungkas Ari

Selain itu Ari yang juga merupakan juara United National Culture Indonesia of Kalimantan suku Dayak Bedagay juga mengatakan pemuda saat ini harus mau mencoba hal baru yang positif.

"Ya pemuda harus berani mengambil risiko dan bertanggung jawab serta bisa menghargai sesama. Pemuda juga harus mampu menjadi generasi yang bisa memanfaatkan kemajuan globalisasi dan teknologi dengan baik dalam segala bidang serta menjadi pelopor di dalamnya" jelas Ari.

Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2021