Pekanbaru bakal terima pendapatan tol Permai senilai Rp1,4 miliar

id PBB tol,Tol pekanbaru

Pekanbaru bakal terima pendapatan tol Permai senilai Rp1,4 miliar

Penilaian objek PPP Tol Pekanbaru-Dumai di Pekanbaru, Sabtu (10/7/2021). (ANTARA/HO-Humas)

Pekanbaru (ANTARA) - Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Pekanbaru menilai pemerintah setempat berpotensi memperoleh penghasilan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dari objek tol Pekanbaru -Dumai (Permai) sebesar Rp1,4 miliar.

"Setelah dihitung dari total panjang ruas Tol Pekanbaru Dumai 131,5 kilometer tersebut, diketahui potensi PBB yang bisa diperoleh Pekanbaru sepanjang 3,3 KM sebesar Rp1,4 miliar per tahun," kata Kepala Bapenda Kota Pekanbaru Zulhelmi Arifin di Pekanbaru, Sabtu.

Zulhelmi mengatakan, progres penilaian objek tol yang dikerjakan oleh PT Hutama Karya tersebut telah melalui kerjasama lima kabupaten kota.

"Jadi total potensi pajak Tol pada ruas Pekanbaru-Dumai sebesar Rp29,7 miliar," ujar Zulhelmi.

Dengan rincian dibagikan ke Pekanbaru sebesar Rp1,4 miliar, sedangkan Kabupaten Kampar sepanjang 8,8 km sebesar Rp2,3 miliar, Kabupaten Siak sebesar Rp8,9 miliar, Kabupaten Bengkalis sebesar Rp12,2 miliar dan Kota Dumai sebesar Rp4,4 miliar.

Kini lanjut dia, hasil penilaian dan penandatanganan, SPPT PBB diserahkan kepada PT Hutama Karya yang nantinya menjadi dasar pembayaran pajak PBB.

Sementara itu Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi mengapresiasi besaran potensi pendapatan pajak PBB masing-masing daerah lima kabupaten kota di Riau khususnya Ruas Tol Pekanbaru-Dumai.

Ayat berjanji memberikan insentif PBB-P2 sebesar 15 persen. Ia juga mengakui sejak masa pendemi COVID-19 pendapatan masing-masing daerah dari beberapa sektor pajak jauh berkurang.

Namun diharapkan dengan mudahnya akses nanti, dapat memperbanyak orang yang berkunjung dan ekonomi daerah pun berkembang.

"Diharapkan setelah ruas Tol Pekanbaru-Dumai ini, kita akan nikmati kemudahan akses tol Pekanbaru Padang, dimana ruas Pekanbaru Bangkinang akhir tahun ini bisa dinikmati," tukas Ayat.

Baca juga: Pemkab Bengkalis kecipratan PAD Rp12 miliar dari Tol Pekanbaru-Dumai

Baca juga: Mantap, Pemkab Kampar terima pajak dari Tol Pekanbaru-Dumai Rp2,3 miliar/tahun