Mantap, Pemkab Kampar terima pajak dari Tol Pekanbaru-Dumai Rp2,3 miliar/tahun

id Tol pekanbaru dumai, pemkab kampar

Mantap, Pemkab Kampar terima pajak dari Tol Pekanbaru-Dumai Rp2,3 miliar/tahun

Foto udara Tol Pekanbaru-Dumai di Riau, Sabtu (26/9/2020). Tol Pekanbaru-Dumai sepanjang 131,5 Kilometer ini baru saja diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 26 September kemarin dan merupakan bagian dari Tol Trans Sumatera sepanjang 2.878 kilometer. (ANTARA/FB Anggoro)

Pekanbaru (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kampar, Provinsi Riau dipastikan menerima pendapatan asli daerah dari pajak pembangunan Tol Pekanbaru-Dumaiyang mencapai Rp2,3 miliar per tahun yang akan diterima mulai tahun 2021.

Hal itu disampaikan Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto usai menyaksikan pelaksanaan Penandatanganan dan Penyerahan SPPT PBB-P2 Tol Tran Ruas Pekanbaru - Dumai di Aula Kantor Walikota Pekanbaru, Selasa.

Proyek strategis nasional Tol Pekanbaru-Dumai yang sepanjang 131,5 km telah selesai dibangun dan dipergunakan sekitar satu tahun ini. Dari tol sepanjang 131,5 km itu, sepanjang 8,8 km ruasnya melewati wilayah Kabupaten Kampar.

"Dengan demikian, sesuai dalam Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang (SPPT) Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) Tol tersebut, Kabupaten Kampar menerima pajak dari pengelola tol lebih kurang Rp 2,3 miliar per tahunnya," kata Catur.

Catur menjelaskan bahwa penambahan pendapatan dari sektor pajak sebesar Rp2,3 miliar setiap tahunnya tersebut bisa dimanfaatkan untuk penambahan anggaran dalam pembangunan di Kabupaten Kampar.

"Atas nama Pemda Kampar saya ucapkan terimakasih kepada tim penilai wajib pajak dan pihak pengelola tol yakni PT Hutama Karya yang sudah patuh pajak," katanya.

Catur mengatakan nantinya Pemda Kampar juga akan mendapatkan pajak lebih besar lagi dari Ruas Tol Pekanbaru - Pangkalan yang masih dalam proses pembangunan.

Sementara itu, dari Manager PT Hutama Karya AA Gede Indrayana menjelaskan Kabupaten Kampar merupakan salah satu kabupaten yang masuk dalam ruas pembangunan Tol Pekanbaru-Dumai sepanjang 8,8 kilometer.

Selain Kampar, empat kabupaten/kota lainnya juga termasuk kawasan pembangunan tol yang dibangun PT Hutama Karya dan diresmikan pada 29 Sepetember 2021 tersebut antara lain, Kota Pekanbaru sepanjang 1,4 km Kabupatdn Siak (43,8 km), Kabupaten Bengkalis (59 km), serta Kota Dumai sepanjang (16,5 km).

Tarif Tol Pekanbaru-Dumai saat ini adalah Rp975 km dengan dilengkapi 246 kamera pengawas yang berjajar di sepanjang jalan bebas hambatan itu.