PMI Pekanbaru Gandeng Nonmuslim Saat Puasa

id pmi pekanbaru, gandeng nonmuslim, saat puasa

PMI Pekanbaru Gandeng Nonmuslim Saat Puasa

Pekanbaru (antarariau) - Palang Merah Indonesia Pekanbaru, Riau, akan menggandeng sejumlah organisasi nonmuslim sebagai pendonor aktif guna mempertahankan stok dan kebutuhan darah selama bulan puasa mendatang.

"Semua kalangan nonmuslim lewat persatuan atau organisasinya nanti akan diminta untuk menjadi peserta donor darah aktif di bulan puasa," kata Kepala Markas PMI Pekanbaru, Zulkifli, di Pekanbaru, Jumat.

Selain itu, kata dia, jelang puasa tahun ini, PMI Pekanbaru juga akan lebih gencar untuk menggalang pendonor darah dari berbagai kesatuan dan organisasi serta perusahaan-perusahaan yang beroperasi di sana.

Untuk saat ini, diakui Zulkifli stok darah yang tersisa di PMI masih belum mencukupi hingga batasan waktu dua pekan ke depan.

Namun demikian, pihaknya terus gencar untuk menggelar program guna merekrut pendonor dari berbagai kalangan dan komunitas yang ada di Pekanbaru.

"Kami juga tidak bisa memaksakan, jika ada yang ingin melakukan donor darah maka biasanya akan menghubungi kami langsung ke kantor," katanya.

Zulkifli mengatakan, kebutuhan darah untuk berbagai rumah sakit yang kembali menyalurkannya lagi ke sejumlah warga yakni mencapai 3.000 hingga 3.500 kantong.

"Untuk sekarang ini, stok darah yang kami miliki ada separohnya dan mungkin kebutuhan bisa bertambah makanya berbagai program terus digencarkan untuk merekrut para pendonor," katanya.

Dia juga tidak bisa mengkalkulasi secara jelas kebutuhan darah bagi keseluruhan warga Pekanbaru mengingat "Kota Bertuah" merupakan wilayah yang menjadi favorit bagi para pendatang.

Jumlah permintaan darah menurutnya sewaktu-waktu bisa meningkat, namun sewaktu-waktu juga bisa berkurang tergantung dari kebutuhan dan kepadatan pendatang.

"Untuk bulan puasa mendatang juga demikian. Jumlah kebutuhan darah juga sulit diprediksikan," katanya.

Diharapkan, demikian Zulkifli, banyak organisasi nonmuslim yang bersedia untuk bekerjasama dengan PMI Pekanbaru untuk menjadi pendonor aktif.

"Sehingga kebutuhan darah selama bulan puasa mendatang dapat terpenuhi dan tanpa kendala," katanya.