Polda Metro ajukan pengadaan 60 kamera ETLE berteknologi canggih

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, camera canggih

Polda Metro ajukan pengadaan 60 kamera ETLE berteknologi canggih

Dua pengendara sepeda motor berhenti di dalam Kotak Kuning Persimpangan (Yellow Box Junction) saat lampu merah menyala di Jalan MH Thamrin, Jakarta, Kamis (23/1/2020). Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menerapkan tilang elektronik atau 'electronic traffic law enforcement' (ETLE) untuk pengendara sepeda motor di sepanjang Jalan Sudirman-MH Thamrin dan jalur koridor 6 Trans-Jakarta Ragunan-Dukuh Atas mulai awal Februari 2020. (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/hp.)

Jakarta (ANTARA) - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mengajukan 60 kamera tilang elektronik (Electronic Traffic Law Enforcement/ETLE) yang berteknologi lebih canggih kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

"Kami sedang mengajukan 60 kamera tambahan," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo di Jakarta, Jumat.

Baca juga: Ini Nih 5 Hal Yang Perlu Kita Perhatikan Sebelum Membeli Action Camera

Sambodo menuturkan penambahan kamera tilang elektronik yang diajukan itu semakin berkembang dari aspek teknologi sehingga mampu mendeteksi pelanggaran lalu lintas maupun pengungkapan tindak pidana di jalanan.

Diungkapkan Sambodo, Pemprov DKI Jakarta telah menyumbang 57 unit kamera tilang elektronik yang tersebar pada beberapa lokasi jalanan protokol di Jakarta.

Saat ini, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya telah memasang 98 kamera tilang elektronik termasuk 30 kamera mobile atau melekat pada petugas untuk bergerak memantau lalu lintas di lapangan.

Polisi Lalu Lintas menunjukkan kamera Electric Traffic Law Enforcement (ETLE) Mobile yang terpasang di badan saat peluncuran di Polda Metro Jaya, Sabtu (20/3/2021). Polda Metro Jaya meluncurkan 30 perangkat kamera ETLE Mobile yang terpasang di badan petugas (body cam), helm (helmet cam), dan dashboard mobil (dash cam). ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/hp

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyatakan pengadaan 60 kamera tilang elektronik yang diajukan Polda Metro Jaya dimasukkan ke pagu Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) 2021.

"Kami akan ajukan, nanti ada APBD-P. Kami akan ajukan Insya Allah di tahun ini," tutur Riza.

Riza menyampaikan Pemprov DKI Jakarta memberikan dukungan penuh dalam penerapan sistem tilang elektronik tersebut dan menyambut baik atas ETLE diberlakukan secara nasional dan mengharapkan pengendara semakin tertib dan pelanggaran kian menurun.

Baca juga: Manfaatkan satelit untuk lindungi Gajah Sumatra, PT CPI serahkan GPS Collar dan Camera Trap

Baca juga: Terekam CCTV, pencuri di rumah ibadah diringkus polisi


Pewarta: Taufik Ridwan dan Abdu Faisal