Tokoh Masyarakat Jawa Maju Pilgubri

id tokoh masyarakat, jawa maju pilgubri

Tokoh Masyarakat Jawa Maju Pilgubri

Pekanbaru, (AntaraRiau) - Ketua Umum Ikatan Keluarga Jawa di Riau (IKJR) Suryadi Khusaini yang juga menjabat sebagai Ketua Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) daerah Riau berikrar untuk maju pada pemilihan gubernur (pilgub) mendatang.

"Terkait rencana ini, saya juga telah mengundurkan diri sebagai Ketua Umum IKJR. Pernyataan mundur saya juga telah disampaikan secara resmi di organisasi," kata Suryadi dalam keterangan pers di Pekanbaru, Rabu.

Suryadi yang juga merupakan politikus senior Riau di PDIP menyatakan, pengunduran dirinya di IKJR adalah untuk membulatkan tekat menuju "kursi" Gubernur Riau.

"Saya akan maju dalam pemilihan gubernurpada 2013 nanti," katanya.

Setelah mundur sebagai Ketua Umum IKJR, kata Suryadi, pihaknya akan ikut penjaringan Gubernur Riau dan Wakil Gubernur Riau periode 2013-2018 yang dilakukan intern partainya di Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP.

Untuk jabatan sementara sebagai Ketua IKJR kata dia, akan diisi oleh Ketua Harian IKJR Suryadi Paijan yang diharapkan mampu menampung aspirasi orang Jawa di Riau.

Ketua Pendaftaran Tim Penjaringan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Riau Tito Gito secara terpisah menjelaskan, sejauh ini PDIP Riau juga telah kedatangan sejumlah orang yang ingin mendaftarkan diri sebagai bakal calon Gubernur Riau dengan menggunakan "perahu" politik partai pimpinan Megawati Soekarniputri itu.

Beberapa nama yang telah mengambil formulir yakni Bupati Rokan Hulu Drs. H. Ahmad MSi.

"Ahmad mengambil formulir pendaftaran di DPIP tadi (Senin 21/5) sekitar pukul 10.00 WIB dengan diwakilkan sejumlah tim suksesnya," kata dia.

Kemudian, lanjut Tito, sebelumnya juga telah mengambil formulir beberapa orang lainnya, seperti mantan Bupati Bengkalis yang saat ini menjabat sebagai Ketua Harian Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PB PON) Provinsi Riau.

Selanjutnya, mantan Wakil Gubernur Riau yang saat ini menjabat sebagai Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Wan Abubakar dan Herman Abdullah, mantan Wali Kota Pekanbaru serta Bupati Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) Annas Ma'amun.