Pekanbaru siap kawal Pilkada tetangga berbatasan langsung

id Perbatasan,Pilkada siak, pilkada pelalawan

Pekanbaru siap kawal Pilkada tetangga berbatasan langsung

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Pekanbaru Zulfahmi Adrian. (ANTARA/HO-Pemkot Pku)

Pekanbaru (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru siap membantu menjaga kondusifitas Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020 di kabupaten yang berbatasan langsung yaitu Siak dan Pelalawan di masa pandemi COVID-19 dengan pengawasan protokoler kesehatan.

"Jadi kita di Pekanbaru siap bersinergi dengan kabupaten yang menyelenggarakan Pilkada, membantu menjaga kondusifitas wilayah," kata Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Pekanbaru Zulfahmi Adrian di Pekanbaru, Selasa.

Zulfahmi mengatakan komitmenini dinyatakan saat rapat Koordinasi Pelaksanaan Tugas dan Fungsi Instansi Vertikal se Provinsi Riau secara virtual kemarin (30/11).

Kata dia, tanggal 12 Desember 2020, ada dua kabupaten tetangga yang akan mengikuti pilkada serentak yakni Kabupaten Siak dan Pelalawan.

Dua kawasan ini bagian dari Pekansikawan (Pekanbaru, Siak Kampar dan Pelalawan) yang di dalamnya ada Pekanbaru, sebagai wilayah transit, arus barang maupun orang.

"Jadi kesiapan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Komisi Pemilihan Umun (KPU) dan daerah yang akan mengikuti pilkada serentak, juga menjadi perhatian Pekanbaru sebagai ibu kota Provinsi Riau Riau," katanya.

Selain itu lanjut dia, moment pilkada yang berlangsung di masa pandemik COVID-19, juga jadi perhatian khusus Pekanbaru sebagai bagian dari wilayah perbatasan, dimana arus barang dan orang yang terjadi tiap hari.

Tidak jarang warga perbatasan mencari nafkah dan bekerja di Kota Pekanbaru, lalu berdomisili di kabupaten tetangga. Maka peran tim satgas COVID-19, sangat penting mengawasi penerapan protokol kesehatan yakni 4 M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari keramaian) di dalam lalulintas antar perbatasan.

"Satgas COVID-19 Riau juga meminta selama pelaksanaan pilkada serentak, semua yang terlibat harus disiplin pada protokol kesehatan," katanya.

Seperti diketahui di Riau pada 12 Desember 2020, terdapat sembilan kabupaten/ kota yang akan mengikuti pilkada serentak yakni Kota Dumai, Rokan Hilir, Rokan Hulu, Kuantan Singingi, Indragiri Hulu, Bengkalis, Meranti, Siak dan Pelalawan.

Baca juga: Bawaslu terus ingatkan peserta pilkada untuk hindari kampanye tatap muka

Baca juga: Akademisi soroti potensi politik uang pilkada di tengah pandemi