Sirkuit PON butuh fasilitas keamanan

id sirkuit pon, butuh fasilitas keamanan

Kampar, Riau (ANTARARIAU News) - Sirkuit Kampar membutuhkan sejumlah fasilitas keamanan lomba seperti "safety air sench" atau balon udara agar layak menyelenggarakan lomba balap motor PON 2012.

Demikian Korwil Ikatan Motor Indonesia (IMI) Kampar, Jery Vamarta, Minggu, mengutip pernyataan Edi Horizon, Pengurus IMI Pusat usai meninjau lokasi sirkuit yang kini sedang digarap di Kabupaten Kampar, Provinsi Riau.

Sebagaimana diberitakan ANTARA sebelumnya, Provinsi Riau menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII, dengan menyebar berbagai venues cabang olahraga di beberapa kabupaten dan kota.

Selain balap motor, Pada PON ini, Kabupaten Kampar menjadi tuan rumah dalam tiga cabang lainnya, yakni sepak bola, pencak silat, dan golf.

"Kampar kebagian beberapa cabang, diantaranya mempersiapkan arena olahraga balap motor. Nah, ketika ditinjau pak Edi Horizon dkk (IMI Pusat), Rabu (1/2) lalu, kami diberi arahan tentang penyempurnaan sirkuit yang sedang digarap ini," kata Jery.

Disarankan, segera dipenuhi seluruh syarat keamanan arena balap motor, karena masih ditemukan banyak kekurangan pada sirkuit yang terletak di Kompleks Kantor Bupati Kampar tersebut.

"IMI Kampar harus segera menyelesaikan dan memenuhi kebutuhan sirkuit, terutama fasilitas pengamanan yang ditargetkan sudah harus selesai pada bulan Mei 2012", tutur Edi Horizon, sebagaimana dikutip Jery Vamarta.

Edi Horizon yang merupakan tokoh IMI Pusat asal Riau ini sangat berharap, gelar balap motor pada PON XVII dapat sukses di Kampar, September 2012 mendatang.

"Selaku orang Riau dan penanggung jawab perlombaan balap sepeda motor pada PON ke XVIII ini, saya punya beban moral yang besar. Ini harus bisa sukses, karenanya semua kebutuhan di lokasi sirkuit terutama masalah pengamanan harus dilengkapi," tandasnya.

Dalam peninjauan itu, Edi dan Jery disertai sejumlah pengurus IMI Kampar, di antaranya Ketua Harian, Dedi Irawan, Ketua Bidang Organisasi, Marhaliman dan Sekretaris, Riko.

Atas berbagai masukan itu, Jery mengucapkan terima kasih dan bertekad semua kebutuhan di lokasi sirkuit akan segera dipenuhi.

"Memang masih banyak yang harus dipersiapkan, agar balap motor ini bisa sukses dilaksanakan pada PON nanti," katanya.

Ia dkk berharap, Dinas PU Cipta Karya segera pula merespon, membangun dan memenuhi kebutuhan pada sirkuit ini.

"Kiranya penyelesaian pembangunannya digesah, sebab kesuksesan IMI pada PON mendatang membawa harum nama daerah Kabupaten Kampar", ujar Jery.

Sementara itu Ketua Harian IMI Kampar, Dedi Irawan menyebutkan, Cabor ini tantangannya berat, karena menyangkut nyawa pebalap.

"Karenanya, lokasi yang harus dipersiapkan memang benar-benar mesti mantap dan memenuhi standar keamanan, guna mengantisipasi insiden atau benturan terhadap peserta," ujarnya.

Bupati Kampar, H Jefry Noer sendiri berharap keterlibatan masyarakat, termasuk organisasi-organisasi, diantaranya IMI, dalam mempersiapkan pesta olahraga mukti event agar berlangsung sukses.