Piramida di Indonesia Belum Dipastikan

id piramida di, indonesia belum dipastikan

Piramida di Indonesia Belum Dipastikan

Jakarta (ANTARARIAU News) - Ada kabar bahwa ditemukan struktur batu mengerucut laksana piramida di Gunung Lalakon, Bandung, dan Gunung Saduhurip, Garut, Jawa Barat. Menanggapi hal itu, Kementerian Pariwisata dan Kreatif menyatakan bahwa tidak pernah ada sejarah Indonesia menjadi lokasi pembangunan piramid.

"Dalam sejarah Indonesia tercatat belum pernah dan tidak pernah ada sejarah piramida," kata Plt Direktur Jenderal Sejarah dan Purbakala Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, I Gde Pitana, di Jakarta, Minggu (11/12).

Secara logika umumnya piramida dibangun manusia untuk kepentingan spiritual untuk menyembah para dewa.

Di Indonesia, kata dia, sudah terlalu banyak puncak-puncak gunung sehingga kemungkinan besar manusia di Indonesia pada zaman dahulu cenderung tidak memerlukan untuk membangun piramida.

"Sampai saat ini belum ada temuan arkeologis satu pun yang memberikan indikasi di Indonesia ada piramida," katanya.

Namun, pihaknya menampung apa saja bentuk informasi dari masyarakat dan sesegera mungkin menindaklanjuti kebenaran ataupun ketidakbenarannya. Kementerian itu menugaskan Balai Arkeologi Bandung melakukan pengujian, penelitian, pengkajian, dan ekskavasi untuk membuktikan struktur batuan tersebut piramida atau bukan.

"Jadi belum bisa dipastikan, informasi yang kami terima ada struktur batu yang mengerucut ke atas menyerupai piramida bertangga-tangga. Saya belum bisa mengatakan itu benar (piramida) atau tidak," kata Gde Pitana.

Ia menambahkan, seorang ahli arkeologi ITB sebelumnya telah berpendapat struktur serupa itu banyak ditemui di daerah kepulauan di mana banyak daratan muncul sebagai akibat air laut yang naik. Meski begitu, pihaknya akan tetap menindaklanjuti laporan dari masyarakat dan membuktikan kebenaran teori tentang piramida di Indonesia.