Chevron latih Lalulintas Pelajar

id chevron latih, lalulintas pelajar

Siak, Pekanbaru, Riau, (ANTARARIAU News) - PT Chevron Pacific Indonesia bekerja sama dengan pihak Polsek Minas, kabupaten Siak, Provinsi Riau, untuk ketiga kalinya di 2011 ini menggelar pelatihan dan penyuluhan keselamatan berlalu-lintas bagi para pelajar, diikuti 250 peserta.

Kapolsek Minas, AKP Nibwin Bonar Hutabarat, kepada ANTARA, di Siak, Jumat, menyebutkan, penyuluhan keselamatan berkendaraan yang dipusatkan di Kompleks SMA Negeri 2 Siak tersebut, memang perlu dilakukan, karena Minas masuk lintas Sumatera yang rawan kecelakaan.

"Tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan arahan dan motivasi bagi siswa-siswi bagaimana mengendarai kendaraan dengan aman dan selamat, menciptakan disiplin diri dalam berlalu lintas dan menurunkan angka kecelakaan bermotor khususnya di Minas," ungkapnya.

Dikatakan, seluruh masyarakat, khususnya pelajar sebagai pengguna jalan atau pengendara kendaraan, harus mengetahui lebih dalam mengenai etika dalam berlalu-lintas, sehingga kecelakaan dapat dihindarkan.

Penyuluhan tersebut diikuti para pelajar yang telah duduk di kelas XII, dengan diisi oleh materi penyuluhan dari pihak Polsek

Minas.

Materi penyuluhan tersebut, di antaranya 'safety riding', bagaimana cara pengereman yang benar pada saat ada bahaya dan upaya menjaga keseimbangan saat berkendara, guna meminimalisasi risiko kecelakaan.

Dari pantauan ANTARA, antusiasme para pelajar cukup tinggi, terbukti dari keinginan mereka mengajukan beberapa pertanyaan yang

dilontarkan kepada Kanitlantas Siak, Ipda Teguh, begitu pula sebaliknya, mereka sigap menjawab problem.

"Penyuluhan ini juga disertai dengan pemutaran beberapa video tentang akibat tidak melihat kiri dan kanan terlebih dahulu ketika menyeberang jalan, kemudian video akibat tidak mengindahkan rambu-rambu lalu lintas," Ipda Teguh.

Sementara itu, Tim Manager dari PT Chevron di Minas melalui stafnya, Nisfan Ibrahim, mengatakan, penyuluhan ini merupakan salah satu upaya menjaadikan pendidikan sebagai sarana pembentukan karakter pelajar.

"Oleh karena itu, diharapkan anak-anak ini dapat mengikuti kegiatan tersebut secara seksama, sehingga tercipta karakter disiplin dalam diri mereka, khususnya dalam hal berlalu-lintas," ungkapnya.

Sedangkan Samiran, Kepala Sekolah SMAN 2 Siak, berharap kepada anak muridnya, agar pengetahuan yang diperoleh dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

"Saya mengharapkan setelah mengikuti penyuluhan keselamatan ini, mereka dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, sehingga kecelakaan di jalan raya dapat dihindari, atau mereka semakin paham mengetahui bagaimana tata cara berlalu lintas yang sopan," harap Samiran.