PT CPI - BRG latih 10 desa kelola lahan tanpa bakar

id PT CPI, BRG, chevron,PLTB

PT CPI - BRG latih 10 desa kelola lahan tanpa bakar

Penyerahan secara simbolis bantuan peralatan pertanian kepada salah satu peserta dari Desa Sam Sam, Kandis, Kabupaten Siak, dalam pembukaan pelatihan program Pengelolaan Lahan Tanpa Bakar (PLTB) yang ditaja PT CPI – BRG di Desa Sintong Pusaka pada Jumat (23/10). Perwakilan dari 10 desa akan dilatih dan didampingi mengembangkan budidaya pertanian secara ramah lingkungan. (ANTARA/HO-PT CPI)

Pekanbaru (ANTARA) - PT Chevron Pacific Indonesia (PT CPI) bersama Badan Restorasi Gambut (BRG) mengembangkan program Pengelolaan Lahan Tanpa Bakar (PLTB) bagi 10 desa di Kabupaten Siak dan Kabupaten Rokan Hilir. Melalui program ini, masyarakat akan dilatih dan didampingi untuk penerapan teknik budidaya pertanian ramah lingkungan dan pembersihan/pembukaan lahan gambut tanpa menggunakan api.

"PT CPI secara proaktif ingin mendukung program pemerintah dalam mengurangi kebakaran hutan dan lahan. Program PLTB ini tidak hanya bermanfaat untuk lingkungan, tapi juga peningkatan ekonomi bagi masyarakat melalui produksi pertanian desa terutama pada masa pandemi ini," ujar GM Corporate Affairs Asset PT CPI Sukamto Tamrin dalam sambutannya, Jumat (23/10).

Kesepuluh desa kemitraan PT CPI dan BRG itu juga akan mendapatkan bantuan alat pencacah multifungsi, mesin pompa air, alat tebas, dan cangkul.

Pembukaan program PLTB berlangsung di Desa Sintong Pusaka, Rokan Hilir, pada Kamis (22/10). Acara tersebut juga dihadiri secara daring oleh Kepala Kelompok Kerja Edukasi dan Sosialisasi BRG Dr Ir Suwignya Utama MBA, Manager Senior Kelembagaan SKK Migas Safei Syafri, dan perwakilan DLHK Provinsi Riau.

"Program ini akan membantu para petani di lahan gambut dalam mengelola lahan secara ramah lingkungan. Ini menjadi solusi karena petani terus didorong agar tidak membuka lahan dengan cara membakar," kata Suwignya Utama ketika meresmikan pembukaan PLTB.

Saat ini, lanjut dia, terdapat 265 desa yang menjadi percontohan Program PLTB di Indonesia.

Pelaksanaan program diawali dengan pelatihan yang dilaksanakan pada 22–26 Oktober 2020. Para peserta akan dibekali pengetahuan seputar PLTB, pemahaman kondisi tanah dan tanaman di kampung masing-masing, praktik pembukaan lahan percontohan (demplot), pemasangan tudung tanaman (mulsa), penanaman bibit, serta perlindungan dari serangan hama.

Setelah pelatihan, peserta akan mendapatkan pendampingan dan pemantauan (monitoring) di desa masing-masing. Para petani akan didampingi oleh Cakra Consulting selaku mitra pelaksana program ini.

Program PLTB ini merupakan bagian dari program investasi sosial PT CPI di bidang lingkungan. Program-program lainnya di antaranya Penyelamatan Gajah Sumatra, Program Bank Sampah di Pekanbaru, Bengkalis, dan Siak bekerja sama dengan Universitas Lancang Kuning, serta konservasi mangrove bersama Yayasan Konservasi Alam Nusantara (YKAN).

PT CPI merupakan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) dari Pemerintah Indonesia yang mengoperasikan Blok Rokan di Riau. Dalam mengoperasikan blok migas, PT CPI bekerja di bawah pengawasan dan pengendalian SKK Migas. Dengan inovasi dan komitmen karyawan yang sangat terampil dan berdedikasi, PT CPI menjadi salah satu produsen minyak mentah terbesar di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan energi dalam menunjang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Informasi lebih lanjut mengenai operasi PT CPI di Indonesia dapat diakses melalui www.indonesia.chevron.com .