SKK Migas-Chevron Latih Puluhan Pengajar Tingkat Dasar

id skk migas-chevron, latih puluhan, pengajar tingkat dasar

SKK Migas-Chevron Latih Puluhan Pengajar Tingkat Dasar

Pekanbaru, (Antarariau.com) - SKK Migas bersama PT Chevron Pasific Indonesia menggelar pelatihan tahap kedua "Quantum Teaching" untuk puluhan guru sekolah dasar di Kota Dumai, Riau, demi meningkatkan kualitas guru-guru yang ada di wilayah operasi perusahaan Migas itu.

"Acara ini dilaksanakan lewat kerjasama dengan Dinas Pendidikan Kota Dumai, pelatihan penggunaan metode Quantum Teaching ini berlangsung pada 16 Oktober 2014, dan diikuti 50 orang pengajar di tingkat dasar," kata Team Manager Policy, Government & Public Affairs Chevron, Frits Tommy H. Sibuea lewat surat elektronik yang diterima, Jumat siang.

Ia mengatakan, pelatihan kali ini adalah lanjutan dari pelatihan pertama yang digelar pada tanggal 16 Juni 2014.

Dalam tahap kedua ini, lanjut dia, pelatihan juga diisi dengan evaluasi hasil pelatihan sebelumnya lewat observasi praktik belajar mengajar para guru.

Dengan pelatihan ini diharapkan lebih banyak guru SD yang memahami metode pembelajaran dan pada gilirannya memberikan dampak yang lebih luas bagi terselenggaranya proses belajar mengajar yang efektif bagi para siswa SD di Dumai.

Pelatihan Quantum Teaching tahap kedua ini dipandu oleh psikolog sekaligus pakar Quantum Teaching, Rumondang J.K Napitu, bersama timnya. Mereka menekankan pentingnya pendekatan psikologi dalam metode pembelajaran yang efektif.

"Penerapan metode Quantum Teaching ini diharapakan dapat menciptakan guru-guru yang andal dan siswa-siswi yang aktif dan msmpu mengaktualisasikan dirinya dalam proses belajar-mengajar," katanya.

Kegiatan pelatihan ini mendapat sambutan yang positif dari Sekretaris Daerah Pemerintah Kota Dumai, Said Mustafa yang secara resmi membuka kegiatan tersebut.

"Pemerintah Kota Dumai memberikan penghargaan kepada Chevron yang telah menggagas kegiatan yang sangat penting ini," katanya.

Menurut dia, komitmen Chevron dalam mendukung program pemerintah khususnya dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan di Kota Dumai sangat membantu.

"Kami berharap inisiatif juga dapat diikuti, BUMN, BUMD dan perusahaan swasta lainnya yang beroperasi di Kota Dumai dalam mendukung percepatan pencapaian kualitas sumber daya manusia melalui kegiatan pendidikan sehingga dapat dapat mengejar ketertinggalan dari kota-kota lainnya di Indonesia," katanya.

Upaya meningkatkan kualitas tenaga pengajar menurut dia merupakan proses belajar yang seharusnya tidak pernah berhenti. "Penerapan metode Quantum Teaching ini diharapakan dapat membantu siswa dalam menemukan potensi dirinya untuk dikembangkan dalam mencapai kualitas dirinya sebagai manusia," kata dia.