Kencing sapi tingkatkan produksi sawit

id kencing sapi, tingkatkan produksi sawit

Pekanbaru, (ANTARARIAU News) - Air kencing sapi ternyata mampu meningkatkan kesuburan pada buah serta batang kelapa sawit dan bahkan didasarkan penelitian bisa meningkatkan produksi hingga 20 persen.

"Itu sudah terbukti dengan berbagai penelitian, jadi penghasilan petani akan bertambah jika bisa memanfaatkan urine tersebut," kata Kepala Dinas Peternakan Provinsi Riau Patrianov, di Pekanbaru, Senin.

Menurutnya, sesuai dengan penelitian yang dilakukan, produksi air kencing sapi yang diletakkan di sekitar pohon kepala sawit membuat subur batang dan daun.

"Kencingnyakan mengandung pupuk juga jadi sangat bagus untuk pertumbuhan,"ujarnya.

Selain itu menurut Patrianov, air kencing sapi ini bisa menambah jumlah buah kelapa sawit tersebut, karena merangsang pembuahan lebih cepat.

"Tapi yang lebih penting adalah terjadinya peningkatan produksi pada batang yang mendapat pupuk dari urine sapi. Bahkan produksinya meningkat hingga 20 persen," tambahnya.

Selain air kencing Sapi, kotoran sapi "berak" juga sangat baik untuk pertumbuhan buah kelapa sawit,dan pertumbuhan batangnya.

"Jadi bagi Petani sawit, Khususnya di Provinsi Riau, sangat bagus kalau dikebun Kelapa sawitnya dijadikan sebagai tempat untuk berternak sapi, selain makanan sapi tersebut mudah dan bermanfaat besar juga sama pertumbuhan kelapa sawit tersebut,"harapnya.

Sayangnya, hingga sekarang belum ada perusahaan yang berminat untuk mengelola ini meski potensi ekonominya sangat tinggi, dan jumlah sapi yang ada di Riau juga sangat besar.

"Mungkin perusahaan di Riau belum mengetahui, dan kedepannya akan kita ajak perusahaan tersebut untuk bekerjasama, dalam beternak sapi di kebun Kelapa Sawit," ujarnya lagi.

Ia juga meminta petani sawit di Riau untuk bisa memanfaatkan nilai ekonomi tinggi ini, apalagi jumlah petani sawit jumlahnya cukup besar.

"Kalau kita bisa memanfaatkannya, sangat mudah dan praktis, kita tidak pusing lagi dengan makanan ternak sapi kita, masalahnya daun kelapa sawit itu juga sangat bagus di konsumsinya, dan yang perlu diingat manfaatnya kepada kebun kelapa sawit,"pungkasnya.