Begini cara Pelindo I waspadai penyebaran Covid-19

id pelindo, pelindo I, corona

Begini cara Pelindo I waspadai penyebaran Covid-19

Pelindo I bekerja sama dengan KKP memeriksa suhu tubuh para awak kapal sebelum kapal bersandar di Pelabuhan Belawan sebagai upaya preventif untuk pencegahan penyebaran virus corona melalui pelabuhan sebagai pintu utama masuk ke Indonesia baik domestik maupun internasional. (ANTARA/HO-Pelindo I)

Pekanbaru (ANTARA) - PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo I terus meningkatkan kewaspadaan dan memperketat pengawasan terhadap pencegahan penyebaran virus corona (covid-19) di seluruh pelabuhan yang menjadi pintu masuk ke Indonesia baik domestik maupun internasional.

Pelindo I juga melakukan berbagai upaya pencegahan penyebaran virus untuk seluruh penumpang, awak kapal, dan seluruh pegawai serta stakeholders terkait di lingkungan kerja.

Senior VP Sekretariat Perusahaan Pelindo I M Eriansyah melalui pernyataan yang diterima Antara di Pekanbaru, Jumat, menerangkan bahwa berbagai upaya pencegahan penyebaran virus corona telah dilakukan Pelindo I sejak awal tahun 2020.

"Pelindo I turut aktif dalam melakukan pengawasan dan sosialisasi pencegahan penyebaran Virus Corona di lingkungan Pelindo I baik itu untuk awak kapal, penumpang, pegawai, dan juga melalui media sosial untuk masyarakat umum," terang M. Eriansyah.

Upaya pengawasan yang dilakukan Pelindo I dilakukan sejak kapal akan bersandar di pelabuhan dengan bekerja sama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) untuk melakukan pemeriksaan kesehatan ke seluruh awak kapal dan kapal dapat dilayani setelah berstatus bebas karantina.

Upaya ini diterapkan di seluruh pelabuhan milik Pelindo 1 yang meliputi provinsi Aceh, Sumatera Utara, Riau, dan Kepulauan Riau yang melayani bongkar muat cargo domestik maupun internasional terutama dari negara asal cargo (impor) yang terdampak Virus Corona.

Untuk area terminal penumpang, telah dipasang thermal scanner untuk pemeriksaan suhu tubuh para penumpang di seluruh terminal penumpang yang meliputi Terminal Penumpang Tanjungpinang, Belawan, Tanjung Balai Karimun, Tanjung Balai Asahan, dan Dumai. Para penumpang yang turun dari kapal langsung dilakukan pemeriksaan suhu tubuh.

PelindoI juga memasang papan informasi yang berisi tentang bahaya Corona Virus serta cara pencegahannya, menyediakan hand sanitizer serta membagikan masker kepada para penumpang. Pelindo 1 terus berkoordinasi dengan KKP dan atau Dinas Kesehatan setempat, Bea Cukai, Karantina, Imigrasi, dan Kementerian Perhubungan melalui Otoritas Pelabuhan dan Kantor Syahbandar serta sejumlah instansi terkait lainnya dalam pengawasan dan pencegahan penyebaran Virus Corona.

Pelindo 1 mewajbkan seluruh petugas operasional dan para pandu untuk selalu menggunakan masker khusus, Alat Pelindung Diri (APD), kaca mata, dan sarung tangan dalam melakukan tugasnya.

Baca juga: Legislator sambut baik sikap Pelindo I Tembilahan

Baca juga: Pelindo I Tembilahan siap jalin kerjasama pengoperasian Pelabuhan Parit 21 Tembilahan