Pemungutan Suara Pilkada Rokan Hilir Kondusif

id pemungutan suara, pilkada rokan, hilir kondusif

Dumai, 7/3 (ANTARA) - Pemungutan suara pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) di Kabupaten Rokan Hilir, Riau, sejauh ini menurut pantauan aparat kepolisian setempat berlangsung kondusif tanpa ada kendala yang berarti.

Kepala Bagian Opreasional Polres Rokan Hilir, Komisaris Polisi Haldun, di Bagansiapi-api, Kamis, mengatakan, kondisi pemungutan suara di sejumlah tempat pemilihan suara (TPS) berjalan lancar dan tanpa gangguan.

TPS yang tersebar di 14 kecamatan se Kabupaten Rokan Hilir sejauh ini masih aman dan belum ada laporan tentang kericuhan atau kekacauan di lokasi pemungutan suara.

Ia menjelaskan, saat ini sebanyak 680 personel kepolisian juga masih terus siaga mengawal jalannya pemungutan suara disekitar 1.995 TPS.

Kendati demikian, kata Haldun, pihaknya tetap mengantisipasi berbagai kemungkinan terburuk dengan menempatkan satu pleton atau sebanyak 30-45 personel kepolisian yang sebelumnya dikirim dari Polres Kota Dumai.

"Mudah-mudahan sampai selesainya pemungutan dan penghitungan suara, suasana tetap kondusif seperti sekarang," katanya.

Ketua Panitia Pengawasan Pemilihan Umum (Panwaslu) Rokan Hilir, Taufik, secara terpisah mengatakan, sejak dimulainya pemungutan suara pada Kamis pagi sekitar pukul 08.00 hingga melewati pukul 12.00 WIB, kondisi masih aman terkendali.

"Sebanyak 144 pertugas pengawasan dari kita juga masih terus memantau jalannya pemungutan suara di setiap kelurahan," sebutnya.

Taufik menjelaskan, pemungutan suara nantinya akan berakhir sekitar pukul 13.00 WIB untuk kemudian dilanjutkan dengan penghitungan suara.

Jumlah suara di setiap TPS nantinya akan dilaporkan kepihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rokan Hilir untuk kemudian dirangkum dalam susunan berita acara.

"Hasil sementara pada pemungutan suara nantinya akan diumumkan di Kantor KPU Rokan Hilir pada pukul 00.00 WIB. Kemungkinan untuk hasil penghitungan cepat dengan sistem SMS (pesan singkat-red) baru akan dapat dilihat sekitar pukul 15.00 WIB," ujarnya.