Lampu jalan umum di Dumai sering mati. Ini komentar warga

id Perkim dumai, pju dumai, lampu jalan dumai,dumai gelap

Lampu jalan umum di Dumai sering mati. Ini komentar warga

Ilustrasi. (ANTARA/REUTERS/Issei Kato).

Dumai (ANTARA) - Kondisi penerangan jalan umum di Kota Dumai diketahui sering gelap pada malam hari di sejumlah titik. Kondisi itu dikeluhkan warga karena merasa tidak mendapat pelayanan lampu jalan, padahal setiap pembayaran tagihan atau pembelian tokenditarik untuk pajak penerangan jalan.

Seorang warga Ahmad Fauzi mengatakan, lampu jalan kerap mati ini sering terlihat di beberapa ruas jalan utama dan lingkungan, misalnya kawasan Jalan Putri Tujuh, Arifin Ahmad, M Yusuf, Jalan Raya Bukit Datuk dan lainnya, akibatnya dikuatirkan bisa memicu kejahatan dan kecelakaan lalu lintas.

"Heran juga kenapa jalan gelap gulita, padahal ada tiang dan lampu, dan kalau tidak salah setiap pembayaran tagihan listrik sudah ditarik pajak penerangan jalan umum," kata Fauzi, Rabu.

Menurutnya, lampu jalan harusnya hidup normal agar masyarakat pengguna jalan umum merasa nyaman dan tidak gelap pada malam hari, pemerintah diharap bisa meningkatkan pelayanan penerangan jalan demi keselamatan dan keamanan.

"Lampu jalan mati ini tentunya merugikan masyarakat yang telah membayar pajak penerangan jalan, kepada instansi terkait agar bisa memaksimalkan pelayanan penerangan jalan umum demi keselamatan dan keamanan pengguna jalan," sebut Fauzi.

Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman Kota Dumai Zulkarnain dikonfirmasi wartawan mengakui minimnya anggaran perawatan penerangan jalan umum menjadi alasan lampu jalan banyak mati dan gelap pada malam hari.

Anggaran pemeliharaan untuk penerangan jalan tidak mencukupi ini karena banyak titik penerangan jalan yang harus diperhatikan.

"Anggaran pemeliharaan lampu jalan ini minim, sementara banyak titik penerangan jalan, dan jadinya kami fokuskan untuk penerangan di kawasan perkotaan," kata Zulkarnain.

Baca juga: PLN Dumai Siapkan 36 Posko Siaga Sambut Natal Tahun Baru 2020

Baca juga: Sebagian Tol Pekanbaru-Dumai dibuka gratis untuk libur Natal dan Tahun Baru, begini penjelasannya