Pelindo I Dumai terus bertransformasi tingkatkan pelayanan

id pelindo 1,pelayanan,pelindo dumai

Pelindo I Dumai terus bertransformasi tingkatkan pelayanan

Pelabuhan Dumai. (Dokumentasi Pelindo I)

Jakarta (ANTARA) - PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo I Cabang Dumai terus melakukan transformasi untuk meningkatkan pelayanan di bidang jasa kepelabuhanan dalam menghadapi Industri 4.0.

“Pelindo 1 sebagai BUMN bidang jasa kepelabuhanan terus melakukan transformasi untuk memberikan pelayanan terbaik," ujar SVP Sekretariat Perusahaan Pelindo 1 M. Eriansyah dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Jumat (11/10).

Dia menjelaskan, sesuai dengan visi Pelindo 1 yaitu Menjadi Gerbang Utama Indonesia ke Jaringan Logistik Global, pihaknya akan terus berusaha melakukan transformasi dan pembenahan dalam segala hal.

Sementara itu General Manager Pelindo 1 Cabang Dumai, Jonedi Ramli mengatakan perkembangan Industri 4.0 kian merambat ke berbagai aspek tak terkecuali Industri Kepelabuhanan.

Dengan perkembangan tersebut, Pelindo 1 Cabang Dumai juga terus mengoptimalisasikan sarana dan prasarana dalam segmen bisnis yang dilakukan oleh Pelabuhan Dumai, yakni: terminal operator, marine services, dan layanan lainnya.

"Tak hanya itu, Pelabuhan Dumai juga akan terus meningkatkan pelayanan Pandu Tunda hingga Zero Waiting, serta didukung dengan digitalisasi pelabuhan berupa penerapan Indonesia Gateway Master Terminal (IGMT) dan Customer Relationship Management (CRM),” kata Jonedi Ramli.

Baca juga: Menpar: Akses Dumai-Malaka pintu untuk datangkan wisman tercepat untuk Riau

Saat ini berbagai fasilitas dan peralatan yang berada di Pelabuhan Dumai, di antaranya: 7 Kapal Pandu, 11 Kapal Tunda, 3 Forklift, 3 Mobile Crane, 1 Reach Stacker, 4 Excavator, 10 Loader, dan 13 Dump Truck.

Selain itu, saat ini Pelabuhan Dumai menerapkan IGMT yang merupakan sistem permohonan pelayanan kapal dan barang secara online dan realtime yang terintegrasi dengan Inaportnet yang memudahkan para pengguna jasa yang bisa melakukan kontrol 24 jam dengan monitoring status pelayanan jasa kepelabuhanan secara online serta pranota dan nota yang bisa dilihat di Website.

Pelindo 1 juga akan segera meluncurkan program Customer Relationship Management (CRM) yang digunakan untuk mengelola hubungan antara Pelindo 1 dengan pelanggan sehingga dapat memaksimalkan komunikasi dan pemasaran yang juga diterapkan di Pelabuhan Dumai.

Baca juga: INSA Dumai pilih pengurus baru

Baca juga: 600 orang pungut sampah plastik di perairan Dumai