Kualifikasi Euro, Italia pastikan satu tempat

id timnas italia,timnas norwegia,kualifikasi euro 2020,kualifikasi piala eropa 2020

Kualifikasi Euro, Italia pastikan satu tempat

Para pemain tim nasional Italia dipimpin kapten Leonardo Bonucci (kiri atas) melakukan perayaan atas kelolosan ke putaran final Piala Eropa 2020 usai mengalahkan Norwegia dalam lanjutan Grup J babak kualifikasi di Stadion Olimpico, Roma, Italia, Sabtu (12/10/2019) setempat. (ANTARA/REUTERS/Alberto Lingria)

Jakarta (ANTARA) - Timnas Italia memastikan satu tempat pada putaran final Piala Eropa 2020 setelah menundukkan tamunya Yunani dengan dua gol tanpa balas dalam laga lanjutan Grup J fase kualifikasi di Stadion Olimpico, Roma, Minggu WIB.

Hasil itu membuat tim besutan Roberto Mancini menyusul Belgia yang dua hari sudah lebih dulu lolos dari Grup I, demikian catatan laman resmi UEFA.

Italia berada pada puncak klasemen Grup J dengan 18 poin, sedangkan Yunani (5) tertahan dalam peringkat keempat dan di atas kertas masih punya peluang lolos dengan syarat meraih sembilan poin penuh dalam tiga laga terakhir untuk memangkas jarak tujuh poin dari Finlandia (12) yang menduduki posisi kedua.

Kendati Italia menguasai 70 persen distribusi bola sepanjang babak pertama, mereka kesulitan menembus lini pertahanan Yunani dari area tengah dan tak sekalipun bisa melepaskan tembakan tepat sasaran.

Baru pada babak kedua dalam menit ke-55 Ciro Immobile menanduk sebuah umpan silang yang dihalau kiper Alexandros Paschalakis.

Lima menit berselang, Yunani mendapat peluang lewat sebuah serangan balik yang diakhiri umpan tarik dari Dimitris Limnios, namun sayang penyelesaian Efthymios Koulouris hanya menggetarkan sisi luar jala gawang Italia.

Italia akhirnya membuka keunggulan pada menit ke-63 lewat eksekusi penalti Jorginho setelah gelandang bertahan Andreas Bouchalakis didakwa menahan bola dengan tangannya di dalam area terlarang.

Sekira 15 menit kemudian Italia menggandakan keunggulan lewat Federico Bernardeschi yang melepaskan tembakan mendatar dan tak bisa dijangkau Paschalakis.

Empat menit menjelang bubaran, Lorenzo Insigne hampir memperbesar kemenangan Italia namun tembakannya sukses dihentikan Paschalakis.

Baca juga: Hasil Kualifikasi Euro, Penalti Giroud bawa Prancis bungkam Islandia

Susunan pemain:

Italia (4-3-3): Gianluigi Donnarumma; Danilo D’Ambrosio, Leonardo Bonucci, Francesco Acerbi, Leonardo Spinazzola; Nicola Barella (Nicolo Zaniolo), Jorginho, Marco Verratti; Federico Chiesa (Federico Bernardeschi), Ciro Immobile (Andrea Belotti), Lorenzo Insigne

Pelatih: Roberto Mancini

Yunani (4-2-3-1): Alexandros Paschalakis; Mihalis Bakakis, Pantelis Hatzidiakos, Dimitrios Siovas, Constantinos Stafilidis; Dimitrios Kourmpelis, Andreas Bouchalakis (Dimitris Giannoulis); Dimitris Limnios, Zeca, Efthymios Koulouris (Anastasios Donis); Anastasios Bakasetas (Petros Mandalos)

Pelatih: Jonn van't Schip