Hasil Kualifikasi Euro, Penalti Giroud bawa Prancis bungkam Islandia

id timnas prancis,timnas islandia,kualifikasi euro 2020,kualifikasi piala eropa 2020,olivier giroud,hasil kualifikasi euro

Hasil Kualifikasi Euro, Penalti Giroud bawa Prancis bungkam Islandia

Penyerang tim nasional Prancis Olivier Giroud (kanan) melakukan selebrasi bersama rekan-rekannya usai mencetak gol ke gawang Islandia dalam lanjutan Grup H Kualifikasi Piala Eropa 2020 di Stadion Laugardalsvollur, Reykjavik, Islandia, Jumat (11/10/2019) setempat. (ANTARA/REUTERS/Gonzalo Fuentes)

Jakarta (ANTARA) - Penyerang Olivier Giroud mencetak gol semata wayang melalui titik penalti untuk membawa tim nasional Prancis mengalahkan tuan rumah Islandia 1-0 dalam laga lanjutan Grup H Kualifikasi Piala Eropa 2020 di Stadion Laugardalsvollur, Reykjavik, Jumat setempat (Sabtu WIB).

Gol tersebut seolah menjadi pembuktian bagi Giroud yang jarang mendapat kesempatan bersama Chelsea, namun selalu bisa diandalkan saat tampil membela Prancis.

Walau menang, Prancis harus rela tertahan di urutan kedua dengan koleksi 18 poin lantaran Turki (18) juga meraih tiga poin penuh dengan mengalahkan Albania 1-0 dalam laga lain yang berlangsung bersamaan, demikian catatan laman resmi UEFA.

Namun, kemenangan Prancis membuat mereka kini unggul enam poin dari Islandia (12) yang menempati peringkat ketiga.

Prancis tiba di Islandia dengan modal kemenangan telak 4-0 di pertemuan pertama, demi menguatkan peluang lolos ke putaran final Piala Eropa 2020.

Namun, badai cedera yang sudah mencegah Kylian Mbappe, Paul Pogba dan kiper Hugo Lloris memakan korban lain yakni N'Golo Kante yang namanya digantikan Moussa Sissoko dari starting line-up lantaran mengalami masalah saat mengikuti pemanasan jelang laga dimulai.

Baca juga: Ronaldo masih bantu Portugal bungkam Luxembourg

Sang Juara Dunia mendominasi penguasaan bola sepanjang paruh pertama pertandingan mencegah tuan rumah mengembangkan permainan, namun solidnya lini pertahanan Islandia membuat Antoine Griezmann dkk kesulitan menembus sepertiga akhir lapangan.

Peluang berbahaya baru lahir lima menit jelang turun minum, namun tembakan Griezmann pada menit ke-42 masih melebar dan babak pertama berakhir dengan skor kacamata.

Prancis berusaha meningkatkan tempo permainan dan terus menekan garis pertahanan Islandia yang memilih bersabar untuk mencari-cari celah melancarkan serangan balik.

Pada menit ke-64, gol yang dinanti-nanti Prancis akhirnya lahir dari eksekusi penalti Giroud setelah Griezmann dijautuhkan Ari Freyr Skulason di dalam area terlarang meski minim benturan antara kedua pemain.

Tertinggal satu gol, Islandia tetap tidak bisa berbuat banyak, mereka selalu dikurung oleh para penyerang Prancis. Tak ada satu peluang berbahaya yang diciptakan Gylfi Sigurdsson dkk. Bola selalu mental sebelum menembus sepertiga akhir lapangan.

Blaise Matuidi hampir menggandakan keunggulan Prancis, namun sepakannya mengarah ke sudut kiri membentur dasar tiang gawang dan mampu disapu barisan pertahanan Islandia. Hingga peluit tanda pertandingan berakhir, skor 0-1 untuk kemenangan Prancis atas Islandia.

Kemenangan yang dibukukan Prancis sekaligus menghentikan tiga kemenangan beruntun Islandia di kandangnya sendiri.

Selanjutnya, Prancis berpeluang untuk merebut puncak klasemen saat menjamu Turki dalam laga pekan kedelapan pada Selasa (15/10) dini hari WIB di Stade de France.

Baca juga: Hasil Kualifikasi Euro, Inggris telan kekalahan perdana di Ceko

Susunan pemain:

Islandia (4-4-2): Hannes Thor Halldorsson; Victor Palsson, Ragnar Sigurdsson, Kari Arnason, Ari Freyr Skulason; Johann Gudmundsson (Jon Bodvarsson), Runar Mar Sigurjonsson (Alfred Finnbogason), Birkir Bjarnason, Arnor Ingvi Traustason (Arnor Sigurdsson); Gylfi Sigurdsson; Kolbeinn Sigthorsson

Pelatih: Erik Hamren

Prancis (4-3-3): Steve Mandanda; Benjamin Pavard, Raphael Varane, Clement Lenglet, Lucas Digne; Blaise Matuidi, Corentin Tolisso, N'Golo Kante; Kingsley Coman (Jonathan Ikone), Antoine Griezmann, Olivier Giroud (Wissam Ben Yedder)

Pelatih: Didier Deschamps
Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar