Sidang Paripurna DPRD Bengkalis sahkan APBD-P Rp4,04 triliun

id dprd bengkalis,apbd-p bengkalis,berita riau antara,apbd bengkalis,berita riau terbaru

Sidang Paripurna DPRD Bengkalis sahkan APBD-P  Rp4,04 triliun

Anggota Banggar DPRD Bengkalis Hendri Hasibuan menyerahkan laporan Perubahan Anggaran Belanja Daerah (P-ABD) Kabupaten Bengkalis kepada Ketua DPRD Abdul Kadir.(Antaranews/Alfisnardo)

Bengkalis (ANTARA) - Sidang paripurna yang dipimpin langsung Ketua DPRD Bengkalis Riau Abdul Kadir akhirnya mengesahkan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Perubahan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bengkalis tahun 2019 sebesar Rp4,04 triliun,Senin.

Badan Anggaran (Banggar) DPRD Bengkalis melalui juru bicaranya Hendri Hasibuan menyampaikan, pendapatan daerah yang semula Rp3,811 triliun menjadi Rp3,901 triliun atau bertambah Rp89 miliar.

Kemudian, pendapatan daerah tersebut berasal dari Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang semula kurang lebih Rp401 miliar menjadi Rp429 miliar. Atau, bertambah 28 miliar.

“Sedangkan untuk dana perimbangan menurun dari Rp3,159 triliun menjadi Rp3,126 triliun,” jelas Hendri.

Sementara untuk Lain-Lain Pendapatan yang sah bertambah sekitar Rp93 miliar dari semula Rp251 miliar menjadi Rp344 miliar,belanja daerah yang semula Rp3,877 triliun menjadi Rp4,064 triliun. Atau bertambah sekitar Rp187 miliar.

Untuk Belanja Tidak Langsung (BTL) yang semula Rp1,524 triliun menjadi Rp1,709 triliun. Atau bertambah lebih kurang Rp185 miliar.Sedangkan untuk Belanja Langsung hanya bertambah kurang lebih Rp1,596 miliar dari Rp2,353 triliun menjadi Rp2,354 triliun.

Bupati Bengkalis Amril Mukminin menginstruksikan seluruh kepala PD dan unit kerja di lingkup Pemkab Bengkalis selaku pengguna anggaran harus segera mempersiapkan seluruh administrasi, prosedur teknis dan langkah-langkah percepatan pelaksanaan program dan kegiatan.

“Siapkan schedule dan laksanakan segera, karena apa yang telah dianggarkan menjadi kewajiban yang melekat dan akan dipertanggungjawabkan oleh PD masing-masing. Baik progres, manfaat maupun dampaknya bagi pembangunan Kabupaten Bengkalis secara umum,” tegasnya.

Di bagian lain, Bupati Amril mengajak, pimpinan dan anggota DPRD bengkalis beserta seluruh komponen masyarakat daerah ini, untuk bersama-sama mendukung pelaksanaan pembangunan.

“Kita kawal dan kita evaluasi agar pembangunan yang dilaksanakan dapat mensejahterakan dan dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat,” ajak Bupati.

Baca juga: DPRD Bengkalis bentuk pansus Ranperda penyelenggaraan pendidikan

Baca juga: DPRD Bengkalis bahas Ranperda Pembentukan Perangkat Daerah