PNS Masih Menjadi Pilihan Utama Pencari Kerja

id pns masih, menjadi pilihan, utama pencari kerja

Pekanbaru,2/11(ANTARA)- Berkarier sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) tampaknya masih menjadi pilihan utama para pencari kerja (pencaker) yang terdapat di Pekanbaru.

"Hampir 85 persen pencaker yang ditanyai ketika membuat kartu kuning menyatakan ingin menjadi PNS. Hanya 15 persen sisanya yang menyatakan ingin bekerja di swasta," ujar Kepala Bidang Tenaga Kerja Disnaker Pekanbaru, Jhony Rusman di Pekanbaru, Selasa.

Ia mengatakan, hal itu sangat disayangkan, mengingat di Pekanbaru dan sekitarnya banyak terdapat perusahaan swasta yang tergolong cukup bagus. Ia mencontohkan seperti PT Chevron Pacific Indonesia, Riau Andalan Pulp Paper (RAPP), PT Indah Kiat Pulp and Paper (IKPP) dan lain sebagainya.

"Nampaknya memang menjadi PNS masih menjadi pilihan utama pencaker. Adanya uang pensiun dan pekerjaannya yang santai sepertinya membuat pencaker memilih menjadi PNS," tukas dia.

Dia mengatakan, dalam seminggu terakhir terjadi peningkatan jumlah pembuat kartu kuning. Dikarenakan pembukaan penerimaan calon PNS pada November ini baik ditingkat provinsi maupun kabupaten/kota di Riau.

"Selama seminggu ini, setiap harinya ada sekitar 50 sampai 100 orang setiap hari yang mengurus kartu kuning. Padahal, saat hari biasa hanya sekitar 5 sampai 10 orang yang mengurus. Sekarang sudah membludak," sebutnya.

Dari sisi pendidikan, lanjutnya, sekitar 50 persen yang membuat kartu kuning merupakan lulusan sarjana.

"Sekitar 30 persen pendidikannya Diploma dan 20 persen lainnya SMA," tutupnya.

Sementara itu, salah seorang warga yang ditemui ANTARA ketika mengurus kartu kuning, Joko, mengatakan menjadi PNS lebih menjanjikan daripada bekerja di swasta.

"PNS tidak akan ada pemecatan dan ada jaminan masa depan. Beda halnya dengan bekerja di swasta yang penuh dengan ketidakpastian," jelas dia.