BPS: Penduduk Kota Dumai 254.300 Jiwa

id bps penduduk kota dumai 254300 jiwa

Dumai, 19/8 (ANTARA) - Berdasarkan sensus penduduk tahun 2010 oleh Badan Pusat Stastistik (BPS) Kota Dumai, Riau, untuk sementara mencatat jumlah penduduk di kota itu mencapai 254,300 jiwa yang terdiri atas 131,700 laki-laki dan 122,600 perempuan.

Kecamatan yang paling besar jumlah penduduk dan penyebaran penduduknya seperti dirangkum data BPS terdapat di Kecamatan Dumai Barat, dengan jumlah penduduk sebanyak 90,100 jiwa dengan tingkat penyebaran 35,42 persen.

Sementara kecamatan yang paling kecil dan rendah jumlah penduduk dan penyebaran penduduknya, yakni Kecamatan Medang Kampai, sebanyak 10,200 jiwa dengan tingkat penyebarannya 4,01 persen.

Kepala BPS Kota Dumai Syahruddin kepada ANTARA di Dumai mengatakan, data jumlah penduduk ini diperoleh dari laporan hasil olah cepat pencacahan sensus penduduk 2010 yang dilakukan sesuai dengan data agregat per kecamatan.

Dikatakannya, dari sensus penduduk 2010 ini juga didapatkan hasil data yang mendasar yang bisa disajikan selain dari jumlah penduduk, seperti wilayah administrasi dan parameter lain seperti kepadatan penduduk, sex ratio dan laju pertumbuhan penduduk.

"Hasil sensus selain mencatat jumlah penduduk yang terbesar di kecamatan Dumai Barat, juga di Kecamatan Dumai Timur memiliki urutan paling besar," katanya.

Untuk luas wilayah Kota Dumai saat ini sekitar 1.727,38 kilometer persegi dan dihuni oleh 254,300 jiwa penduduk dengan rata-rata tingkat kepadatan penduduk sebanyak 127,43 jiwa per kilometer persegi, terangnya.

Ditambahkannya, untuk tingkat kepadatan penduduk yang paling tinggi terdapat di Kecamatan Dumai Timur dengan jumlah 1.499,1 jiwa per kilometer persegi. Dan yang terkecil terdapat di Kecamatan Medang Kampai sebanyak 27,37 jiwa per kilometer persegi.

Sementara, laju pertumbuhan penduduk Kota Dumai per tahun selama sepuluh tahun terakhir yakni dari tahun 2000 sampai 2010 sebesar 3,54 persen dengan laju pertumbuhan penduduk Indonesia per-tahun sebesar 1,49 persen.

"Kecamatan yang paling tertinggi laju pertumbuhan penduduknya adalah Kecamatan Bukit Kapur sebesar 5,61 persen, sedangkan di kecamatan Dumai Barat sebesar 3,29 persen dan Dumai Timur sebesar 2,28 persen," paparnya.

Syahruddin mengatakan, hasil yang didapat dari penyelenggaraan sensus penduduk sangat penting dalam rangka perencanaan pembangunan yang awalnya harus didasari dengan data untuk pematangan rencana guna mendapatkan hasil-hasil pembangunan yang baik untuk kesejahteraan masyarakat.

Ia berharap hasil sensus penduduk 2010 ini dapat menjadi cerminan tentang gambaran umum penduduk Kota Dumai bagi pengambil kebijakan untuk memberikanwacana awal dalam merencanakan pembangunan di Kota Dumai.

"Terakhir kami sampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh warga yang terkena sensus penduduk ini atas kerja sama baiknya menerima petugas-petugas BPS saat di lapangan. Mudah-mudahan dengan hasil ini dapat bermanfaaat besar bagi pembangunan Kota Dumai," ucapnya mengakhiri.