Riau Operasikan Samsat Keliling Optimalkan Penagihan Pajak

id Samsat, Pajak

Riau Operasikan Samsat Keliling Optimalkan Penagihan Pajak

Riau Operasikan Samsat Keliling Optimalkan Penagihan Pajak (Antaranews)

Pekanbaru (Antaranews Riau) - Badan Pendapatan Daerah Provinsi Riau mengoperasikan empat unit Samsat Keliling (Samkel) bantuan Bank Riau Kepri (BRK) untuk mengoptimalkan penagihan pajak kendaraan bermotor.

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Riau, Indra Putra Yana dalam keterangannya di Pekanbaru, Jumat, pada tahap awal Samsat Keliling itu dioperasikan di Kabupaten Kampar, Indragiri Hulu, dan Kota Dumai pada 2019.

"Unit Samkel Sat Gendong dilengkapi dengan peralatan komputer, jaringan internet dan mesin uang, dan petugas juga dibantu seorang aparat polisi," katanya.

Menurut dia, petugas dari kepolisian dilibatkan karena program ini berisiko sehingga membutuhkan pengamanan khususnya menjaga uang masyarakat yang disetor untuk pajak tersebut.

Baca juga: Riau matangkan persiapan "Samsat Gendong" tagih pajak

Ia mengatakan, para petugas Samkel menyasar atau melakukan jemput bola daerah yang belum pernah dikunjungi seperti ke pasar tumpah, bazar, pasar pagi dan ke rumah penduduk juga.

"Pembayar pajak yang dikunjungi petugas samsat gendong hanya membayar sebesar nilai pajak kendaraannya, atau tidak dipungut biaya tambahan, sedangkan banyak pemilik pajak yang telat membayar kewajibannya lebih antara lain karena tidak sempat, jarak yang jauh ke samsat setempat dan alasan lainnya," katanya.

Program ini diluncurkan, katanya lagi, hanya lebih untuk menghargai wajib pajak, sebab orang membayarkan uangnya sudah merupakan suatu penghormatan besar bagi Bapenda sedangkan pajak juga menjadi sumber pendanaan bagi upaya percepatan pembangunan di bumi Lancang Kuning ini.

Sementara itu, samsat gendong di Dumai, selain dioperasikan di wilayah setempat, pihaknya juga akan memanfaatkan Samkel di pulau Rupat.

"Di Kota Dumai, akan dilaksananakan sebulan dua kali, juga ke pulau Rupat terkait potensi pajak di daerah itu cukup besar, namun pelayanan Samsat jauh dari jangkauan masyarakat," katanya.

Ia mengatakan Samkel di Kota Pekanbaru, dioperasionalkan untuk menyisir daerah pinggiran kota tersebut, seperti Kecamatan Rumbai, Kecamatan Tenayan Raya, Kecamatan Tampan dan dan Pasir Putih.

Selain Samkel, tambah Indra, pihaknya juga melakukan pengadaan Samsat Gendong sebanyak 40 unit yang akan diluncurkan pada HUT Riau Agustus 2019.

Baca juga: Operasional Samsat Ditambah Pada Hari Terakhir Penghapusan Pajak

Baca juga: E-Samsat Tahap II Dibuka, BNI Perluas Layanan ke 16 Provinsi