Tak terima tunai, Samsat Drive Thru Gajah Mada Pekanbaru gunakan QRIS BRK Syariah

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, BRK Syariah

Tak terima tunai, Samsat Drive Thru Gajah Mada Pekanbaru gunakan QRIS BRK Syariah

Gubernur Riau Syamsuar didampingi Kapolda Riau Irjen Pol M Iqbal resmikan Samsat Drive Thru Gajah Mada Pekanbaru. (ANTARA/HO-BRK Syariah)

Pekanbaru (ANTARA) - Pelayanan Samsat Drive Thru memang mantap, mulai proses pendaftaran, penetapan dan pembayaran hanya menghabiskan waktu 5 menit. Melihat ini sudah menjadi kebutuhan masyarakat di Kota Pekanbaru, Bapenda Riau dengan Polda Riau dalam hal ini Ditlantas, Jasa Raharja Riau dan Bank Riau Kepri Syariah bersinergi menyediakan pelayanan Samsat Drive Thru Gajah Mada.

Samsat Drive Thru Gajah Mada ini merupakan yang kelima di Riau dan diresmikan oleh Gubernur RiauSyamsuar didampingi Kapolda Riau Irjen Pol M Iqbal, Rabu (9/8). Peresmian itu ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita yang disaksikan langsung oleh Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Riau, Syahrial Abdi, Direktur Dana dan Jasa BRK Syariah MA Suharto serta Komisaris Independen Roy Prakoso dan Rita Anugerah.

Direktur Dana dan Jasa MA Suharto mengatakan, Sesuai dengan konsepnya, layanan ini memungkinkan pemilik kendaraan/wajib pajak melakukan transaksi pembayaran pajak kendaraan bermotor tanpa harus turun dari kendaraannya. Dalam pelayanan ini, BRK Syariah juga sebagai salah satu penyedia sarana pembayaran yaitu melalui QRIS BRK Syariah.

“Samsat Drive Thru pelayanan fasilitas yang tidak berbelit-belit, mudah, dan cepat. Untuk menggunakan layanan ini, wajib pajak harus membawa persyaratan dengan lengkap, mulai dari kartu identitas asli pemilik yang sah, STNK asli, BPKB asli, bukti pelunasan pajak tahun sebelumnya, membawa kendaraan yang akan didaftar ulang, dan tentu saja membawa android untuk membayar melalui aplikasi pembayaran QRIS. Karena layanan ini tidak menerima pembayaran tunai lagi,” kata Suharto.

Sementara itu, Gubernur Riau Syamsuar mengatakan Samsat Drive Thru Gajah Mada Pekanbaru juga merupakan yang pertama di Indonesia yang menggunakan QRIS Dinamis. Dengan inovasi tersebut maka pelayanan pembayaran pajak tahunan bisa lebih cepat maksimal 5 menit.

"Samsat Drive Thru ini untuk memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat membayar pajak kendaraan bermotor. Tadi kita sudah melihat simulasi pembayaran pajaknya menggunakan QRIS BRK Syariah," kata Gubri didampingi Kapolda Riau Irjen Pol M Iqbal dan Forkopimda Riau lainnya.

Hal senada juga dikatakan Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Riau, Syahrial Abdi. Samsat Drive Thru Gajah Mada merupakan dibawah kendali Samsat Pekanbaru Kota. "Samsat Drive thru ini hadir dalam rangka mempermudah kita memberikan layanan kepada wajib pajak. Untuk SOP drive thru minimal 5 menit, mulai proses pendaftaran, penetapan dan pembayaran," katanya.

Di Drive Thru Gajah Mada, lanjut Syahrial, terdapat inovasi menggunakan transaksi digital atau elektronik untuk menghindari praktik-praktik yang tak diinginkan, seperti adanya calo dan kemungkinan kekurangan pembayaran serta kelebihan bayar.

“Dengan persyaratan yang lengkap, pembayaran pajak kendaraan bermotor pun akan selesai hanya dalam waktu kurang dari lima menit. Sangat mudah, praktis, dan efisien. Tidak heran jika semakin banyak wajik pajak yang menggunakan layanan ini dan mengaku puas,” Syahrial Abdi yang juga Komisaris Utama BRK Syariah.

Untuk diketahui, Samsat Drive Thru pertama di Riau berada di kantor Bappeda Riau, kedua di Ujung Tanjung Kabupaten Rokan Hilir, ketiga di Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan, dan keempat di Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir. Terakhir di Jalan Gajah Mada Pekanbaru.

Keberadaan layanan ini bukan hanya menjawab kebutuhan mereka yang memang diburu waktu, tapi juga wajib pajak yang tidak suka menghabiskan waktunya untuk mengantri. Sebagian besar diantara orang tentu setuju bahwa mengantri adalah pekerjaan yang membosankan, apalagi jika sampai menghabiskan waktu berjam-jam.

“Jadi, tidak ada alasan lagi ya Encik dan Puan enggan untuk bayar pajak karena sudah diberikan kemudahan oleh pemerintah daerah,” imbuhnya lagi.

Tutut hadir juga dalam acara peresmian Samsat Drive Thru Gajah Mada ini Pemimpin Divisi Dana dan Digital Banking BRK Syariah Imran, General Manager BRK Syariah Cabang Utama Rina Mutia, serta undangan VIP lainnya.