Sekda Bengkalis Minta Komponen Daerah Dukung MTQ

id sekda bengkalis, minta komponen, daerah dukung mtq

Sekda Bengkalis Minta Komponen Daerah Dukung MTQ

Istimewa

Bengkalis, (Antarariau.com) - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bengkalis Bustami HY meminta pelaksanaan Mushabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-43 hendaknya perlu keterlibatan dan dukungan dari seluruh komponen daerah agar dapat memberi pengaruh positif secara nyata dan terukur di tengah masyarakat.

"Upaya yang kita lakukan tidak boleh berhenti sampai disini. Kegiatan yang berkaitan dengan Syiar islam ini akan menjadi percuma saja apabila tidak memberikan pengaruh yang positif dan didukung oleh semua pihak," ujar Bustami saat menutup secara resmi MTQ ke-43 tingkat Kabupaten Bengkalis di Lapangan Gedung Serba Guna Kecamatan Bukit Batu, Sabtu (29/9) malam.

Sekda juga berpesan, bagi yang telah meraih peringkat juara dalam pelaksanaan MTQ agar jangan berbangga dahulu namun harus mempersiapkan diri untuk tetap terus berlatih demi meraih prestasi dan dapat mengharumkan nama Kabupaten Bengkalis pada pelaksanaan MTQ Tingkat Provinsi Riau yang akan dilaksanakan di kota Pekanbaru pada tahun ini.

"Saya pikir tidak ada manfaatnya meraih kemenangan kalau itu dihasilkan dengan mengutus peserta dari daerah lain. Jadi selama pelaksanaan MTQ ini berlangsung semua kafilah kecamatan memanfaatkan potensi yang ada dan Alhamdulillah semuanya tampil maksimal," kata Sekda.

Bustami juga mengingatkan, MTQ yang dilaksanakan setiap tahunnya ini bukan ajang untuk mencari nama, namun diharapkan dapat menjadikan sebagai kesempatan dalam mengasah kemampuan dan pengalaman peserta yang berasal dari daerah sendiri.

"Kami harapkan kepada pengurus Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) untuk terus melakukan pembinaan secara berkelanjutan," harap Sekda.

Ia menambahkan kegiatan MTQ yang dilaksanakan ini hendaknya jangan disikapi sebagai kegiatan rutinitas seremonial semata, namun harus menjadi motivasi dengan memahami, mendalami dan mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Al Quran untuk diterapkan didalam kehidupan sehari-hari.

"Apabila hal ini dilakukan dengan baik saya pikir kehidupan bermasyarakat, beragama dan berbangsa akan berjalan dengan harmonis penuh dengan kekeluargaan," tuturnya.

Penutupan MTQ ini ditandai dengan penekanan tombol sirene oleh Sekda didampingi sejumlah pejabat daerah, anggota DPRD dan kemudian dilanjutkan penyerahan hadiah kepada pemenang.