Jelang Pilkada, Disdukcapil Inhil Target Rekam 16.000 KTP Elektronik

id jelang, pilkada disdukcapil, inhil target, rekam 16000, ktp elektronik

 Jelang Pilkada, Disdukcapil Inhil Target Rekam 16.000 KTP Elektronik

Tembilahan, (Antarariau.com) - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Indragiri Hilir, Riau menargetkan akan kembali merekam 16.000 Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) jelang Pilkada Inhil 2018.

Sekretaris Disdukcapil Inhil, Nursal di Tembilahan, Senin mengatakan, jumlah 16.000 tersebut merupakan akumulasi data dari seluruh masyarakat wajib KTP.

"Kita optimis target tersebut dapat tuntas direkam dan dicetak sehingga data bisa dugunakan dalam pelaksanaan Pilkada 2018," ujar Nursal, Senin.

Data dua minggu lalu, kata dia, sudah ada sekitar 8000 masyarakat yang berhasil direkam. Ia mengimbau kepada masyarakat yang belum memiliki KTP-el agar segera mengurus kartu identitasnya di Disdukcapil atau di tempat perekaman di masing-masing Kecamatan.

"Masyarakat yang belum memiliki KTP-el kita himbau untuk segera mengurusnya di Disdukcapil," imbaunya.

Nursal mengingatkan, bahwa kehadiran KTP-el sangat penting bagi masyarakat terutama saat akan melakukan segala urusan data diri.

Namun sayangnya, animo masyarakat Inhil terhadap pentingnya KTP-el masih terbilang rendah. Padahal, Disdukcapil telah mengupayakan kemudahan dalam pengurusan seperti syarat yang hanya perlu dilampirkan masyarakat saat akan mengurus kepemilikan KTP-el.

Selain itu, lanjutnya, Disdukcapil juga melakukan upaya jemput bola ke daerah-daerah yang ada di Inhil untuk merekam data diri masyarakat yang belum memiliki KTP-el.

"Namun tetap saja ada sejumlah masyarakat yang memang tidak peduli dan menganggap tidak ada kepentingan dengan KTP-el. Hal ini terlihat dari jumlah rata-rata perekaman tim di daerah-daerah yang masih terbilang rendah," ucapnya.

Untuk itu ia mengajak kepada perangkat Desa seperti Kepala Desa, Camat setempat dan tokoh masyarakat untuk sama-sama bersinergi memberikan kesadaran kepada masyarakar akan pentingnya memiliki KTP-el.