Pertamina MOR I Bina 250 UKM Pekanbaru

id pertamina mor, i bina, 250 ukm pekanbaru

Pekanbaru, (Antarariau.com) - PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region I hingga telah membina 250 Usaha Kecil Mikro di wilayah Pekanbaru dalam sebuah wadah Rumah Kreatif BUMN agar mampu bersaing di pasar bebas.

"250 UKM asal Pekanbaru itu kami tampung dalam sebuah wadah Rumah Kreatif BUMN, " kata Asisten Suvervisor Rumah Kreatif BUMN Pekanbaru, Rubi Hasril di Pekanbaru, Minggu.

Rubi Hasril menyebutkan Rumah Kreatif BUMN (RKB) Pekanbaru dibawah binaan Pertamina berdiri sejak Juni 2017, keanggotaannya terus berkembang hingga kini mencapai 250 UKM.

Dikatakannya RKB tersebut wadah bagi UKM untuk mengatasi semua masalah yang dihadapinya dalam proses menjalankan usaha mereka.

UKM di tempat itu bisa mendapatkan pembinaan, bantuan mengurus ijin, dibantu memasarkan produk dan sebagainya sehingga produksi mereka laku dan berkembang.

"Di RKB ini kami memberikan pelatihan tiga kali sebulan untuk menambah ilmu UKM dalam produk yang dihasilkan, selain itu mereka kami bantu dalam pengurusan izin PIRT serta lainnya, " kata Rubi Hasril.

Tidak sampai di situ, RKB juga mengupayakan pemasaran karya UKM lewat pasar dalam jaringan atau "online" dengan mendaftarkan semua produknya ke belanja. com.

"Yang memasukkan produk mereka ke rumah pasar daring kita, setelah itu UKM bisa bertransaksi sendiri," tuturnya.

Selain itu di RKB ini juga para UKM mendapat informasi tentang pasar produk mereka termasuk jika ada pameran Pertamina akan membiayai keberangkatan binaannya untuk ikut pada event nasional maupun internasional. Dengan tujuan untuk mempromosikan dan menjangkau pasar lebih luas.

Karena itu ia menambahkan RBK terbuka bagi semua UKM yang ingin bergabung dalam wadah dan butuh fasilitas menuju arah lebih baik dan maju.

"Syaratnya mudah bisa mendaftar ke kantor RKB Pekanbaru Jalan Subrantas dengan membawa identitas diri dan usahanya," kata dia.

Di gedung RKB Pekanbaru lantai dua terdapat beberapa fasilitas yang bisa digunakan oleh UKM untuk mengenal lebih jauh pasar produk. Ada ruangan rapat khusus berdiskusi tentang segala hal karya kreatif mereka.

Ada kamera dan meja khusus untuk ruang foto produk yang disediakan sebelum dipasarkan lewat daring, ruang pamer bagi karya yang sudah jadi serta lainnya.

Tampak aneka kerajinan mulai dari tas wanita berbahan Pandan, dompet, tudung saji, kotak tisu, bros, sandal hingga tenunan songket melayu dan sebagainya dipajang pada etalase yang ada di RKB Pekanbaru.

Harganya lumayan bersaing untuk sebuah tas wanita ukuran besar berbahan dasar Pandan hanya di patok Rp150.000-Rp180.000 per unit. Sementara untuk bros hijab hanya Rp15.000 per unit.

Pewarta :
Editor: Vera Lusiana
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar